Pelatih-Ronald-Koeman.jpg

Yakin Ronald Koeman Pelatih yang Tepat untuk Barca?

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 18 August 2020 8:00 a.m.


Mancode - Klub raksasa Spanyol, Barcelona baru saja memecat Quique Setien setelah kekalahan memalukannya melawan Bayern Muenchen di Liga Champions. Selain gagal membawa trofi Kuping Besar, Setien juga tidak berhasil membawa Barcelona juara Liga Spanyol 2019/2020. Alasan itulah yang membuat petinggi Blaugrana murka sehingga memecat Setien.

Isu siapa kandidat pelatih yang cocok memimpin Messi dkk pun bermunculan. Nama-nama besar seperti Xavi, Massimiliano Allegri, hingga Thierry Henry pun masuk radar. Namun, kali ini datang satu sosok pelatih, yakni Ronald Koeman yang santer bakal melatih Barcelona. Bahkan, peresmian Koeman pun akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini.

Dilansir Marca, Koeman sendiri sudah tiba di Barcelona. Ia tampak berada di bandara sejak Minggu (16/8) waktu setempat, yang menguatkan rumornya bakal melatih Messi dkk. Koeman sendiri masih berstatus pelatih timnas Belanda dan akan meninggalkan jabatannya segera setelah resmi diangkat Barca.

Seperti yang diutarakan pakar transfer, Fabrizio Romano melalui cuitan Twitternya. “Ronald Koeman telah terpilih sebagai pelatih baru Barcelona. Dia akan meninggalkan timnas Belanda untuk bergabung dengan Barca. Pernyataan resmi akan diumumkan pada pekan ini,” demikian cuitan dari jurnalis Sky Fabrizio Romano di akun Twitter miliknya.

Pelatih-Koeman.jpg

Para fans Barca tentu tidak asing dengan sosok Ronald Koeman, pelatih berusia 57 tahun tersebut merupakan pemain Blaugrana pada 1989 hingga 1995. Salah satu momen terbaiknya adalah ketika mencetak gol penentu kemenangan di final Liga Champions 1992 melawan Sampdoria, yang jadi gelar pertama Barcelona di ajang tersebut. Koeman juga mampu memenangi empat gelar La Liga sebagai pemain Barca.

Ronald Koeman sendiri juga pernah menjadi asisten pelatih Barcelona di bawah kepemimpinan Louis Van Gaal pada musim 1998 hingga 2000. Karirnya sebagai pelatih, Koeman telah mencicipi di berbagai negara. Ia pernah melatih Ajax, PSV, Benfica, Valencia, Feyernoord, Southampton, Everton, dan sekarang Timnas Belanda.

Ronald-Koeman-Barca.jpg

Sejatinya, jika melihat statistik ternyata rasio kemenangan Koeman di Timnas Belanda justru lebih rendah dari milik Setien bersama Barcelona. Dalam 20 pertandingan menukangi Oranje, dia cuma mengukir 55 persen kemenangan. Detailnya adalah 11 kali menang, 5 imbang, dan 4 kalah.

Di tambah buruknya Koeman dalam menukangi klub liga di Eropa. Rasio kesuksesannya rendah bersama Valencia (32,35% menang), Southampton (48%), dan Everton (41,38%).

Adapun, Setien mencatat 64 persen kemenangan dari 25 partai untuk Barcelona, perinciannya 16 kali menang, 4 seri, dan 5 kalah!

Patut dinanti petualangan Ronald Koeman bersama Barcelona apalagi saat ini bisa dibilang kubu Blaugrana juga banyak masalah. Salah satunya ialah isu hengkangnya Messi karena ingin mencari tantangan baru di luar sana serta peremajaan akademi La Masia miliknya yang menurun beberapa tahun belakangan.

Baca Juga: Apakah Masa Keemasan Real Madrid Telah Berakhir?

Baca Juga: Lionel Messi Cetak Gol ke-700 Lewat Penalti Panenka

Baca Juga: Miralem Pjanic Resmi Mendarat di Barcelona


Share To


inggil

inggil

Aug. 18, 2020, 8 a.m.


tags : Berita Bola Terbaru Ronald Koeman Pelatih Baru Barcelona Barcelona Setien Dipecat Barcelona Kandidat Pelatih Barcelona Ronald Koeman Latih Barca


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like