Situs-Bobu-Uriyeng-Papua.jpg

Wow, Ada Kapak Berusia 2.500 Tahun di Papua!

oleh: inggil Travel Monday, 14 October 2019 15:00 p.m.


Baru-baru ini, telah ditemukan benda bersejarah di Papua, berupa kapak perunggu yang berusia 2.500 tahun! Penemuan ini diumumkan oleh Penelitian Balai Arkeologi Papua di Situs Bobu Uriyeng, Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapak perunggu bersejarah itu merupakan kapak corong. Awalnya, penemuan kapak perunggu ini didapatkan oleh warga Dondai yang sedang berkebun menanam siapu (sejenis umbi menjalar). Lokasi Bobu Uriyeng sendiri berada di bukit tepi Danau Sentani.

Baca Juga: Indahnya Kokonao Kota Bersejarah yang Terlupakan di Papua

“Kapak perunggu yang ditemukan di Situs Bobu Uriyeng, merupakan komoditas perdagangan jarak jauh pada masa prasejarah,” ujar peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, dilansir Detik.

Penemuan kapak perunggu ini juga menjadi bukti adanya cerita bersejarah di salah satu pulau Indonesia ini. Hal tersebut menandakan bahwa ribuan tahun lalu di Papua terdapat suatu transaksi perdagangan.

“Kapak perunggu menjadi komoditas perdagangan. Kapak perunggu yang ditemukan di Danau Sentani ini diproduksi di Dongson, tempat yang saat ini merupakan wilayah bagian utara Vietnam, sekitar 2.100 hingga 2.400 tahun yang lalu,” lanjut Hari.

Kapak-Papua-Bersejarah.jpg

Lebih lanjut, Hari juga menjelaskan teknik pembuatan kapak tersebut dengan cara ‘a cire perdue’. Di mana teknik tersebut dibuat dengan menggunakan lilin terlebih dahulu, lengkap dengan segala bagian-bagiannya. Kemudian, model dari lilin itu ditutup dengan tanah dan dipanaskan. Dengan begitu selubung tanah akan menjadi keras. Sedangkan, lilin tersebut akan menjadi cair dan mengalir ke luar dari lubang yang telah disediakan di dalam lubang tersebut.

Baca Juga: Melirik 5 Destinasi Wisata di Wamena dan Sekitarnya

Bentuk dari kapak perunggu yang ditemukan di Situs Bobu Uriyeng ini berukuran panjang 13,5 cm, lebar 9,5 cm, dan tebal 1,5cm. Hari berpendapat, kapak perunggu ini mempunyai perjalanan yang sangat panjang. Lanjutnya, ia juga menyimpulkan tidak mungkin kala itu Vietnam mengadakan hubungan langsung dengan Papua.

“Jadi dapat diasumsikan bahwa masuknya kapak perunggu yang ditemukan Papua adalah dengan cara melalui serangkaian perantara yang termasuk dalam suatu jaringan perdagangan dari Asia ke Timur. Pada waktu itu, komoditi dagang yang paling dicari para pedagang luar dari orang Papua adala burung cendrawasih,” terang Hari.

Baca Juga: Kenali Sejarah Festival Pacu Jalur


Share To


inggil

inggil

Oct. 14, 2019, 3 p.m.


tags : Purba Bobu Uriyeng Kapak Bersejarah Kapak 2.500 Tahun Papua


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 13 November 2019 16:00 p.m.

Disney Plus Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya!

Technology 13 November 2019 15:00 p.m.

Irdeto dan Amlogic Luncurkan Netflix Hailstorm Hybrid

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Entertainment 13 November 2019 13:00 p.m.

Tampilan Baru Sonic Hedgehog dapat Respon Positif