Hand-Sanitizer.jpg

Waspada! Penggunaan Hand Sanitizer Secara Berlebihan

oleh: inggil Life Style Thursday, 26 March 2020 7:00 a.m.


Mancode - Salah satu cara agar terhindar dari virus corona ialah selalu menjaga kebersihan diri. Salah satu caranya yakni dengan mencuci tangan sebagai upaya preventif agar tidak terkena virus mematikan tersebut.

Tentunya, saat mencuci tangan tidak boleh asal ada baiknya jika menggunakan sabun ataupun hand sanitizer. Dengan begitu, virus akan langsung mati karena terkena zat yang terkandung dalam bahan pencuci tangan itu. Jikapun menggunakan sabun terlalu ribet, setidaknya gunakanlah hand sanitizer. Karena, hand sanitizer ini bisa dibawa dan digunakan kapan saja.

Namun, perlu diketahui juga nih kalau menggunakan hand sanitizer secara berlebihan tenyata bahaya! Dampaknya pun berbagai macam khusunya terhadap kulit.

Berikut ini beberapa dampak menggunakan hand sanitizer secara berlebihan:

Reaksi Hormon

Hand sanitizer memiliki kandungan triscolan yang jika digunakan secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya ialah reaksi negatif terhadap kelenjar gondok (hormone tiroid) dan hormone estrogen.

Rentan Infeksi

Pada dasarnya hand santizer ialah bahan alternatif pencuci tangan selain sabun. Sebabnya, jika menggunakan cairan ini terlalu berlebihan dapat menyebabkan rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, kurangi pemakaian dan gunakan air mengalir serta sabun lebih baiknya.

Iritasi Kulit

Bagi yang mempunyai kulit sensitif ternyata tidak disarankan menggunakan hand sanitizer. Seperti yang kita ketahui, hand sanitizer ini memiliki kandungan alkohol yang cukup besar. Sehingga, bisa menimbulkan kulit gatal, panas, dan kering.

Kulit Terbakar

Mempunyai kandungan alkohol pada cairan, hand sanitizer tentu akan berbahaya jika digunakan berlebihan. Terlebih pada siang hari sebab kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga mudah terbakar akibat sinar ultra violet.

Terkena Kanker

Dampak lain menggunakan hand sanitizer secara berlebihan ialah terkena kanker. Kenapa? Karena cairan di dalamnya mempunyai mengandung pewangi dan bahan kimia sintesis yang disebut phthalate. Zat itulah yang disinyalir dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan alergi, asma, hingga kanker.

Baca Juga: Masker Belum Tentu Melindungi dari Virus Corona

Baca Juga: Virgin Atlantic Memotong 85% Penerbangannya karena Corona

Baca Juga: Generali Berikan Pelayanan Klaim Virus Corona


Share To


inggil

inggil

March 26, 2020, 7 a.m.


tags : Virus Corona Hand Sanitizer Corona Pandemi Iritasi Kulit Dampak menggunakan Hand Sanitizer Bahaya menggunakan Hand Sanitizer Kesehatan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'