Cuaca-Buruk.jpg

Waspada Cuaca Buruk Saat Hari Lebaran 2021

oleh: inggil Life Style Tuesday, 11 May 2021 11:00 a.m.


Mancode - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Indonesia untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan, termasuk saat Hari Raya Idul fitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021. BMKG menjelaskan jika ada potensi cuaca buruk di beberapa titik Indonesia pada 10 sampai 17 Mei 2021.

"Hasil analisis dinamika atmosfer-laut, menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. Saat ini juga teramati pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia, yaitu di Laut Sulu dan Papua Barat, yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin," papar BMKG dalam keterangan pers tertulisnya.

Lebih lanjut BMKG memberikan analisisi kondisi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sejumlah provinsi di Indonesia. Berikut ini rinciannya:


  1. Tanggal 10-12 Mei 2021, intesitas hujan sedang: Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawes Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
  2. Tanggal 13-15 Mei 2021, intesitas hujan sedang-lebat: Aceh, Sumatra Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
  3. Tanggal 16-17 Mei 2021, intesitas hujan sedang-lebat: Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca ekstrem ini juga berpotensi adanya kenaikan gelombang air laut pada 10-17 Mei 2021 di sejumlah perairan Indonesia. Tinggi gelombang antara 1,25 sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan utara Sabang, Selat Karimata bagian selatan, peraira utara Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

BMKG Memperingati masyarakat untuk terus waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode Pancaroba ini. Sebab berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah bencana hidrometeorologi agar lebih waspada terhadap banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Jaga Kebiasaan Baik Ini Paska Lebaran

Baca Juga: Libur Lebaran, Swiss-Belhotel Serpong Tebar Promo Staycation Menarik

Baca Juga: Staycation Lebaran di Santika Premiere ICE-BSD Berpeluang dapat Hadiah




Share To


inggil

inggil

May 11, 2021, 11 a.m.


tags : Cuaca Buruk di Indonesia Lebaran 2021 BMKG Perkiraan Cuaca Lebaran 2021


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE