Templet_Mancode_ (3).jpg

Vokalis Sex Pistols John Lydon Digugat di Pengadilan Tinggi

oleh: fachrul Entertainment Tuesday, 24 August 2021 7:00 a.m.


Mancode - John Lydon (Johnny Rotten) telah kalah dalam pertempuran di Pengadilan Tinggi untuk menghentikan penggunaan musik band punk Sex Pistols dalam drama TV terbaru.

Mantan drummer Paul Cook dan gitaris Steve Jones telah menggugat Lydon setelah ia mencoba memveto penggunaan lagu-lagu grup punk tersebut dalam sebuah pertunjukan yang disutradarai oleh Danny Boyle.

Pasangan itu berargumen bahwa kelompok tersebut memiliki kesepakatan bahwa keputusan semacam itu dapat diambil dengan "dasar aturan mayoritas". Di pengadilan, John Lydon mengatakan dia menolak kesepakatan itu, menyamakannya dengan "kerja budak".


Vokalis itu mengatakan perjanjian anggota band (BMA) tidak pernah dipatuhi dan bahwa permintaan lisensi sebelumnya tunduk pada hak veto masing-masing anggota. Namun, seorang hakim memutuskan pada hari Senin (23/8) bahwa kontrak itu sah dan aktif, dan bahwa mayoritas personel band dapat mengesampingkan hak veto setiap anggota.

Hakim Sir Anthony Mann juga mencatat bahwa John Lydon "telah benar-benar menandatangani kekuasaannya untuk mengontrol penggunaan hak musik" untuk penerbitan dan perusahaan musik seperti Warner Chappell Music dan BMG.

John Lydon mempertahankan "hanya hak persetujuan yang memenuhi syarat yang dapat dikesampingkan jika dia tidak masuk akal. Mungkin perusahaan-perusahaan itu, karena alasan mereka sendiri, memilih untuk meminta izinnya dari waktu ke waktu, tetapi pada akhirnya mereka dapat bertindak sesuai keinginan mereka," jelas Hakim.

Dalam pernyataan bersama setelah putusan, Jones dan Cook mengatakan kepada Press Association: "Kami menyambut baik putusan pengadilan dalam kasus ini. Ini membawa kejelasan bagi pengambilan keputusan kami dan menjunjung tinggi kesepakatan anggota band tentang pengambilan keputusan kolektif. Ini bukan pengalaman yang menyenangkan, tapi kami percaya itu perlu untuk memungkinkan kami bergerak maju dan mudah-mudahan bekerja sama di masa depan dengan hubungan yang lebih baik."

600920d44204b_full.jpg

Drama TV yang hanya diberi judul Pistol itu, mulai syuting pada Maret 2021. Drama tersebut digambarkan sebagai seri enam bagian berdasarkan memoar Jones 2016, Lonely Boy: Tales from a Sex Pistol.

Film ini disutradarai oleh Danny Boyle dari Slumdog Millionaire yang menurut dokumen pengadilan, sebelumnya membujuk John Lydon untuk mengizinkannya menggunakan musik Sex Pistols dalam upacara pembukaan Olimpiade London 2012.

Namun, pengacara John Lydon mengklaim pertunjukan tersebut, yang dibuat oleh Disney untuk saluran FX-nya, akan menggambarkan penyanyi itu dalam "cahaya yang bermusuhan dan tidak menarik".

Berbicara di pengadilan pada bulan lalu, John Lydon mengatakan, "Saya sangat peduli dengan band ini dan reputasinya serta kontrol kualitasnya. Saya akan selalu memiliki suara jika saya pikir ada sesuatu yang dilakukan untuk menyakiti atau merusak [itu]."

Pengacara Cook dan Jones berpendapat seharusnya tidak ada perselisihan tentang apakah perjanjian memungkinkan keputusan lisensi dibuat "oleh mayoritas" dan mengatakan John Lydon melanggar BMA dengan menolak untuk memberikan persetujuannya.

The Sex Pistols dibentuk pada tahun 1975 dengan merilis single ternama seperti Anarchy In The UK dan Pretty Vacant, sebelum akhirnya bubar pada tahun 1978. Namun, mereka telah melakukan pertunjukan live bersama beberapa kali sejak itu, terakhir pada tahun 2008.

Dalam penilaian tertulisnya, yang diturunkan dari jarak jauh pada hari Senin, Hakim Mann mencatat bahwa, "Hubungan antara anggota band selalu tegang, bahkan kembali ke hari-hari ketika band tampil. John Lydon tidak berhenti menggambarkan hubungannya yang sulit dengan anggota lain dan itu telah bertahan bahkan melalui tur comeback mereka pada 1990-an dan 2000-an. Hal itu berlanjut hingga hari ini."

Baca Juga: Danny Boyle akan Sutradarai Serial TV Band Punk The Sex Pistols

Baca Juga: Riset: Kaos Band Punk dan Metal Paling Laris Diburu

Baca Juga: Peduli Virus Corona, Anak Punk Bagikan Masker Gratis




Share To


fachrul

fachrul

Aug. 24, 2021, 7 a.m.


tags : The Sex Pistols Sid vicious Sex Pistols John Lydon Johnny Rotten Punk Rock Punk


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Shopping 24 September 2021 10:00 a.m.

Blibli Gelar Mom & Kids Fair, Ada Diskon Hingga 80 Persen

Life Style 22 September 2021 7:00 a.m.

Bosch Hadirkan Kampas Rem Mobil dengan Harga Terjangkau

Technology 21 September 2021 10:00 a.m.

Leica Rilis Kamera Edisi James Bond Seharga Rp113 Jutaan

Technology 15 September 2021 9:00 a.m.

Bidik Pasar B2C, Prosa.ai Luncurkan Produk Text-to-Speech