Vira Talisa.jpg

Vira Talisa Bawakan Ulang “Makna Nostalgia” dengan Sentuhan Jazz

oleh: galih Entertainment Tuesday, 30 November 2021 8:00 a.m.


Mancode – Penyanyi muda Vira Talisa membawakan ulang lagu “Makna Nostalgia” ciptaan musisi Candra Darusman. Lagu yang ditulis Emma Madjid ini pertama kali direkam oleh Candra Darusman pada 1981 dan masuk ke dalam album solonya “Kekagumanku”.

“Bagi saya, Om Candra Darusman adalah salah satu sosok yang menginspirasi saya dalam menulis lirik lagu dan juga musik. Karya-karya beliau sangat catchy namun kompleks dengan ciri khas tersendiri, mungkin itu yang menjadikan om Candra salah satu pencipta lagu-lagu all-time-classics yang masih dinyanyikan sampai hari ini,” kata Vira Talisa.

Dalam proses penggarapannya, Vira Talisa menggandeng musisi jazz Nikita Dompas untuk mengaransemen "Makna Nostalgia". Mereka berdiskusi hanya dalam satu pertemuan daring. Kemudian dilanjutkan dengan workshop dan rekaman. “Sangat simple dan singkat, mungkin karena referensi musik mas Nikita dan saya yang beririsan, jadi semua prosesnya begitu cepat dan mudah,” ungkap Vira.


Vira juga diberikan kebebasan berekspresi dan berkarya dengan sebuah “personal touch”. Dia menginterpretasikan chorus lagu "Makna Nostalgia" menjadi sebuah narasi yang ia terjemahkan dan bacakan dalam bahasa Prancis.

Sedangkan dari sisi aransemen, Nikita mengemas aransemen "Makna Nostalgia" dengan mengambil konsep ‘jazz quartet with vocal’ yang modern. Aransemennya sengaja dibuat lebih ‘longgar’ dibanding versi aslinya. “Aransemen ini memberikan ruang yang lebar bagi vokal Vira Talisa lebih bersinar,” jelas Nikita.

Sementara, Candra Darusman menilai aransemen versi baru ini berhasil membuat isi lagu lebih modern dan membawa unsur jazz. “Nikita Dompas memang jeli dalam membuat sebuah lagu bertambah enak. Pemilihan Vira sebagai penyanyi juga sangat pas, baik timbre suara maupun artikulasinya seakan membungkus sempurna lagu ini. Ide Vira menambahkan monolog berbahasa Prancis juga sangat melengkapi lagu ini dengan rasa ‘nostalgia’,” kata Candra Darusman.

"Makna Nostalgia" merupakan singel ketiga dari album “Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman” yang saat ini sudah masuk proses final mixing dan mastering. Rencananya, album ini akan diedarkan di awal 2022.

Album ini merupakan sebuah album berisi lagu-lagu karya cipta dari Candra Darusman dan merupakan sebuah “sequel” dari album yang dirilis sebelumnya pada 2018, yakni “Detik Waktu”.

Baca Juga: Adam Peter Jatuh Cinta Penuh Fantasi Lewat “Super Love”

Baca Juga: Renaga Bawakan Ulang “Rahasia Hati” Lebih Berwarna

Baca Juga: Bergaya TikTok, Kuburan Band Luncurkan “Tikotok”




Share To


galih

galih

Nov. 30, 2021, 8 a.m.


tags : Cover Lagu Makna Nostalgia Entertainment Candra Darusman Vira Talisa Single Makna Nostalgia Musik Jazz


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 12 January 2022 10:00 a.m.

Kolaborai ROG dan IKEA Hadirkan Furnitur Gaming

Life Style 7 January 2022 8:00 a.m.

PIS Kantongi 5 Kontrak Sewa Kapal Senilai US$ 3,2 Juta

Technology 6 January 2022 9:00 a.m.

MSI Luncurkan Laptop Gaming Terbaru

Life Style 29 December 2021 11:00 a.m.

Ingin Kencan Pertama Sukses? Hindari 3 Kesalahan Ini