Via Vallen dan Cita Citata Jadi Penerima Royalti Terbesar di 2020.jpg

Via Vallen dan Cita Citata Penerima Royalti Terbesar 2020

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 17 March 2020 8:00 a.m.


Mancode - Performers Right Society of Indonesia (PRISINDO) mengumumkan distribusi royalti tahunan pada seluruh anggotanya yang merupakan musisi dan penyanyi yang telah memiliki karya rekam, bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret.

Selain dari Raisa, Iwan Fals, Payung Teduh, Kotak, dan Via Vallen, ada lebih dari 300 musisi dan penyanyi berbagai genre yang tercatat keanggotaanya di PRISINDO. PRISINDO sendiri merupakan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Hak Terkait untuk pelaku pertunjukan.

Baca Juga: PRISINDO Umumkan Distribusi Royalti Musisi dan Penyanyi

Dari royalti yang didistribusikan tahun ini, tercatat lima nama penyanyi sebagai penerima royalti terbesar. Mereka adalah Via Vallen, Anji, Judika, Iwan fals, dan Cita Citata. Tercatat juga lima band, yakni Armada, NOAH, Ungu, Seventeen, dan Naff.

“Dengan mengetahui bahwa hak-hak pelaku pertunjukan sudah diakui dan dilindungi. Semoga semakin menjadi pemacu semangat para musisi dan penyanyi untuk terus merekam karyanya,” kata Sekretaris PRISINDO yang juga personil band Ungu, Makki Parikesit dalam keteragan resminya (9/3/2020).

Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, dibentuk dua jenis LMK untuk mengelola dan mendistribusikan royalti performing rights, yaitu royalti untuk pencipta lagu diurus oleh LMK Hak Cipta dan royalti untuk musisi atau penyanyi yang merekam lagu tersebut beserta produser yang merilis lagu tersebut diurus oleh LMK Hak Terkait.

WhatsApp Image 2020-03-06 at 16.17.42.jpeg

Momen distribusi royalti ini sekaligus digunakan untuk memperkenalkan kembali pengurus baru PRISINDO periode 2019-2024, yang terpilih lewat Rapat umum Anggota PRISINDO pada Juli 2019 silam. PRISINDO merupakan LMK pertama di Indonesia yang berhasil melakukan regenerasi pengurus lewat Rapat Umum Anggota.

Baca Juga: FLAVS 2020 Umumkan Line Up Fase Ke-3

Setelah PRISINDO dirintis oleh para tokoh seperti Kris Biantoro (Alm.), Koes Hendratmo, Tamam Hussein, dan beberapa tokoh musik Indonesia lainnya, saat ini tercatat nama-nama berikut sebagai pengurus PRISINDO periode 2019-2024.

Mereka adalah Marcell sebagai Ketua Umum, Sari Koeswoyo sebagai Ketua I, Indra Perdana Sinaga (ADA Band) sebagai Ketua II, Chandra “Konde” Christanto sebagai Wakil Ketua I, Makki Parikesit (Ungu) sebagai Sekretaris, Indra Prasta (The Rain) sebagai Wakil Sekretaris, dan Irwan Indrakesuma (Chaseiro) sebagai Bendahara.

Dengan terbentuknya pengurus baru, seperti yang disampaikan Marcell, pihaknya akan selalu menyebarkan pemahaman tentng perlindungan Hak Terkait, khususnya untuk para pelaku pertunjukkan yaitu musisi dan penyanyi yang telah memiliki karya rekam.

Baca Juga: Ini Harga Tiket Festival FLAVS 2020

Selain itu, pihaknya juga akan selalu melakukan sosialisasi secara efektif kepada seluruh masyarakat sehingga mampu untuk bersama-sama secara tegas mengakui keberadaan buka saja hak moral, namun juga hak ekonomis para pelaku pertunjukkan atas karyanya.

“Semoga kesadaran kolektif ini nantinya semakin membawa perubahan signifikan kepada peningkatan pola pikir dan tingkah laku industri kreatif yang berujung pada peningkatan kesejahteraan pada pelakuknya,” tutup Marcell.


Share To


rachli

rachli

March 17, 2020, 8 a.m.


tags : PRISINDO performing rights Performers Right Society of Indonesia 9 Maret Iwan Fals Via Vallen Cita Citata Hari Musik Nasional


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Technology 14 August 2020 11:00 a.m.

Rayakan 17an, Spotify Hadirkan Playlist 'Spesial 17an'