Jakarta Principal Shadowing Program.jpg

Upaya JIS Tingkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di Jakarta

oleh: galih Life Style Monday, 17 January 2022 13:00 p.m.


Mancode - Jakarta Intercultural School (JIS) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta menyelenggarakan Jakarta Principal Shadowing Program. Ini merupakan program peningkatan kompetensi manajerial kepala sekolah negeri di lingkungan DKI Jakarta.

Proses seleksi program ini diikuti ratusan kepala sekolah dan meloloskan 11 pendidik. Para kepala sekolah terpilih menghadiri program selama dua hari dalam bimbingan para pengajar berpengalaman dari JIS.

“Jakarta Principal Shadowing Program adalah program pendampingan terhadap para pemimpin sekolah-sekolah negeri di Jakarta. Dalam program ini, para kepala sekolah dapat berbagi dan mendapatkan inspirasi dari para pengajar kami dan terinspirasi untuk menjawab tantangan dalam pendidikan Indonesia, khususnya dalam kondisi new normal,” ujar Maya Nelson, Interim Head of School, JIS.


Para kepala sekolah pun sangat antusias menjalani program ini, seperti yang dirasakan Mirdawani dari SMP 110 Jakarta Selatan. Menurutnya, dalam program ini para kepala sekolah diingatkan kembali agar selalu senantiasa mendampingi guru. "Dengan siswa sebagai target, kepala sekolah harus lebih bisa memahami kebutuhan guru dan memiliki relationship yang lebih erat dengan para guru. Kami siap membawa mindset yang baru ke sekolah setelah ini,” ujarnya.

Senada dengan Mirdawani, Dede Hidayat, Kepala Sekolah SMKN 40, Jakarta Timur, juga mengungkapkan tantangan kepala sekolah saat ini adalah me-manage orang-orang. Terkait guru, dirinya harus bisa memotivasi mereka dan meningkatkan self-discipline. "Kepala sekolah dituntut untuk bisa meningkatkan performa guru agar memiliki komitmen yang kuat dalam mengajar,” kata Dede.

Inspirasi lain yang dibawa Dede dari program ini adalah pentingnya data sistematis tentang murid. “Saat ini Wakil Bidang Kesiswaan di sekolah hanya mendata masalah-masalah berat yang dilakukan murid. Kalau kami punya data yang lebih sistematis dan detail tentang para murid, kami bisa mendeteksi masalah lebih dini dan mampu mencegahnya, seperti yang diterapkan di JIS,” tambahnya.

Sementara, tantangan bagi kepala sekolah di tingkat Sekolah Dasar tak kalah besar. Seperti diungkapkan Siti Eka Rahma, Kepala Sekolah SDN Johar Baru 01 Pagi, tantangannya adalah masalah sumber daya manusia. Di sekolah hanya ada para guru dan satu orang operator. Padahal untuk operasional sekolah, ada urusan administrasi, keuangan, penanganan barang dan lainnya.

“Dengan tantangan ini, saya tetap ingin mengubah paradigma para guru yang masih mengajar dengan teknik monoton dan lama agar lebih produktif, kreatif dan lebih inovatif. Inilah alasan saya sangat bersemangat mengikuti program ini,” ujar Siti.

Penyelenggaraan Jakarta Principal Shadowing Program yang digelar pada 12-13 Januari 2022 juga dihadiri oleh Mochamad Miftahulloh Tamary, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Provinsi DKI Jakarta dan Indang Murniningsih, SPd, MM Kabid Pengembangan Kompetensi Dasar Manajerial dan Fungsional BPSDM Provinsi DKI Jakarta.

“Program ini sangat penting bagi para kepala sekolah agar dapat melihat secara langsung pengelolaan sekolah bertaraf internasional. Dengan program ini, wawasan mereka tentang pengajaran maupun program semakin terbuka,” ujar Miftah.

Baca Juga: JIS Buka Learning Center Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Baca Juga: Bocah 10 Tahun Asal Sragen Ini Jadi Guru

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Guru Nasional




Share To


galih

galih

Jan. 17, 2022, 1 p.m.


tags : JIS Jakarta Principal Shadowing Program Kompetensi Kepala Sekolah DKI Jakarta Kepala Sekolah DKI Jakarta Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 30 September 2022 9:00 a.m.

Gusty 5Romeo Hadirkan Project Solo "Spell"

Entertainment 6 September 2022 17:00 p.m.

Konser Chrisye Live By Erwin Gutawa Siap Hangatkan Balai Sidang