The-Rain-luncurkan-single-baru-Ujung-Pertemuan.jpg

Ujung Pertemuan, Single Baru The Rain Bernuansa 1980-an

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 5 November 2019 7:00 a.m.


Setelah menempuh jalur independen pada 2013, band asal Yogyakarta, The Rain, merilis Trilogi 18 November. Tiga buah lagu yang dirilis pada 18 November setiap tahunnya, yakni Terlatih Patah Hatih (2013), Gagal Bersembunyi (2014), dan Penawar Letih (2015), sebelum merilis album studio keenam, Jabat Erat (2016).

Pada 2017, band yang digawangi oleh Indra Prasta (vokal), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bass), dan Aang Anggoro (drum) ini memulai sebuat tetralogi yang dibuka lewat single Hingga Detik Ini. Dalam videonya hanya menampilkan dua pasang sepatu yang saling berhadapan di bawah hujan.

Dua pasang sepatu dalam video tersebut merupakan awal dari kisah panjang Jono dan Mira, dua karakter yang diperkenalkan dalam video musik single berikutnya yaitu Rencana Berbahaya (2018). Cerita dua karakter ini diakhiri lewat single Ujung Pertemuan yang dirilis pada 1 November 2019.

“Saat itu tidak ada orang yang tahun bahwa kedua single tersebut saling berkaitan,” kata Indra lewat keterangan resmi yang diterima Mancode (4/11/2019).

Baca Juga: Reynold Eks Slank Luncurkan Single Terbaru 'Vitamin'

Baca Juga: AMI Awards 2019 Angkat Tema Musik Bahasa Dunia

Baca Juga: Carcass Siap Menggebrak lewat Under The Scalpel Blade

Selain itu, pihaknya membocorkan cerita Jono dan Mira saat konser 17 Tahun The Rain, Bioskop Hujan, Desember 2018. Di konser itu terungkap pemiliki dua pasang sepatu di video Hingga Detik Ini adalah Jono dan Mira.

Pada pertengahan 2019, The Rain merilis single Upaya Maksimal, yang video musiknya merupakan prekuel dari video Rencana Berbahaya. Bagian ketiga dari Tetralogi Jono dan Mira ini mengangkat momen awal perkenalan mereka.

Aransemen single Ujung Pertemuan dikemas dengan nuansa era 1980-an. Nuansa yang belum pernah terdengar di seluruh karya The Rain. Dengan begitu, hal ini menjadikan sesuatu yang baru selama The Rain meramaikan industri musik Tanah Air.

“Ini sesuatu yang baru. Meskipun kita berempat mengalami seluruh dekade 1980-an dan terbiasa dengan musik 1980-an, namun menggarap aransemennya agar bener-benar terdengar 1980-an lebih rumit dari yang kita duga,” ujar Iwan yang juga bertugas sebagai mixing engineer di lagu ini.

Single Ujung Pertemuan dirilis dalam momen ulang tahun The Rain yang ke-18. Hal ini menjadi penanda bahwa The Rain tetap produktif berkarya. Oleh sebab itu, dengan keempat personel yang sama, The Rain konsisten menelurkan karya baru.

Ditambahkan Iwan, mengerjakan karya baru itu seperti berpetualang. Tinggal dari para personelnya yang harus pintar-pintar menjaga ritme. Menyeimbangkan The Rain dengan kehidupan personal hingga menentukan target untuk mewujudkannya, namun tetap fleksibel.


Share To


rachli

rachli

Nov. 5, 2019, 7 a.m.


tags : Ujung Pertemuan Single Baru The Rain Terlatif Patah Hati The Rain Gagal Bersembunyi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 13 December 2019 7:00 a.m.

Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara

Technology 12 December 2019 16:00 p.m.

Ini Spesifikasi Laptop Anyar dari MSI

Life Style 12 December 2019 16:00 p.m.

Waspada! Sedotan Besi Lebih Membahayakan Lingkungan