Trinity Optima Production Gandeng Kreator Film Lokal Produksi karya di OTT.jpg

Trinity Optima Production Gandeng Kreator Film Lokal Produksi karya di OTT

oleh: rachli Entertainment Thursday, 11 August 2022 10:00 a.m.


Mancode - Perusahaan label rekaman terkemuka, Trinity Optima Production (TOP), melihat adanya minat masyarakat Indonesia pada konten film dan series yang tayang eksklusif di platform OTT (Over The Top) kian bertumbuh.

Berdasarkan riset Future of TV dari The Trade Desk (TTD), popularitas OTT meningkat setelah pandemi COVID-19 memasuki tahun ketiga. Temuan studi itu juga menunjukan satu dari tiga orang Indonesia menonton konten OTT dan mereka menonton setidaknya 3,5 miliar jam konten setiap bulannya.

Menyikapi hal tersebut, TOP yang meneguhkan komitmennya terjun ke dalam industri audio visual digital, membuka kesempatan pada kreator film lokal dan Production House skala kecil dan menengah sebagai mitra produksi konten, sebelum dipasarkan lewat OTT rekanan Trinity.


“Kami melihat ada gap yang perlu dijembatani dalam industri konten audio visual digital di Indonesia. Di satu sisi, kehadiran OTT sangat diminati karena konten film dan serialnya punya daya tarik tinggi di masyarakat,” ucap CEO Trinity Optima Productionm, Yonathan Nugroho, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya pula, cerita yang berkualitas, pemeran yang cakap dan strategi marketing yang tepat jadi keharusan untuk suksesnya sebuah konten. OTT saat ini membutuhkan pasokan karya-karya lokal yang berkualitas yang bisa memenuhi kebutuhan penonton mereka.

“Di sisi lain, banyak kreator film dan series yang ingin menjual karyanya ke OTT namun terbentur biaya produksi, promosi, sponsor dan lainnya. Melihat hal-hal tersebut TOP lantas hadir untuk mengisi gap tadi, dan bertindak sebagai Executive Producer di dalam struktur film atau serial,” tambahnya.

Eksistensi TOP untuk OTT berawal sejak 2019 melalui series Cerita Dokter Cinta yang tayang di Maxstream milik Telkomsel. Keterlibatan TOP dalam proyek ini meluas karena banyak kreator yang ternyata terkendala dalam hal kurasi konten agar sesuai standar dan permintaan dari OTT.

Melihat kondisi itu, TOP memutuskan untuk bersama-sama dengan konten kreator melakukan kolaborasi yang lebih menyeluruh dimana kreator film melakukan keahliannya di bidang produksi dan TOP melakukan keahliannya di bidang pemasaran dan promosi.

“Bersama-sama kami kemudian belajar, bahwa dalam proses produksi film atau series, kita tidak hanya membutuhkan dana tetapi juga end to end proses produksi sampai selesai, termasuk dalam hal marketing dan promosi, harus dibuatkan strategi agar karya yang dibuat dapat diterima oleh market,” ungkapnya.

Melalui kemitraan dengan kreator film, TOP berhasil membuat empat karya film dan enam series sampai 2022 dengan genre beragam mulai dari drama, komedi, dan horor. Bagi kreator film dengan budget produksi terbatas, kemitraan ini membantu mengelola cashflow agar proses produksi berjalan lancar.

Selain itu, kreator juga bisa fokus pada produksi film, karena Trinity Optima Production juga mendukung kurasi konten, promosi konten, sampai kerjasama sponsor brand.

Baca Juga: Berusia 19 Tahun, Trinity Optima Production Ungkapkan Strategi Utama Bisnis

Baca Juga: TipTip Resmi Hadir Dukung Konten Kreator Indonesia

Baca Juga: Berkarier Panjang di Industri Hiburan, Ini Rahasia Artis Trinity Optima Production




Share To


rachli

rachli

Aug. 11, 2022, 10 a.m.


tags : Kreator Film OTT Over The Top Trinity Optima Production


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA