Empat-tema-utama-prediksi-keamanan-siber-2020.jpg

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

oleh: rachli Technology Friday, 6 December 2019 15:00 p.m.


Mancode - Penyedia layanan keamanan siber terkemuka, Trend Micro Incorporated mengumumkan laporan prediksi keamanan siber untuk tahun 2020. Laporan itu menyatakan bahwa perusahaan akan menghadapi risiko yang semakin besar dari pengguna cloud dan manajemen supply chain.

Selain itu, dalam laporan tersebut bersandar pada empat tema utama yang diprediksi akan ada pada 2020. Keempat tema tersebut adalah the future is complex, the future is exposed, the future is misconfigured, dan the future is defensible.

Dikutip dari keterangan Trend Micro yang didapat Mancode (3/12/2019), berikut penjabaran keempat tema utama yang diprediksi ada di 2020.

The future is complex, penyerang akan melampaui parch yang tidak lengkap. Selain itu, penjahat dunia maya akan beralih ke platform blockchain untuk transaksi mereka yang tidak terlihat. Deepfakes juga akan menjadi perbatasan berikutnya untuk penipuan perusahaan.

Baca Juga: Trend Micro Prediksi Keamanan Siber Tahun 2020

Baca Juga: Opera Ads Luncurkan Unit Iklan Terbaru

Baca Juga: Aplikasi Google Go Versi Ringan Google Search

Pada tema the future is exposed, penjahat dunia maya akan menggunakan perangkat IoT untuk melakukan spionase dan pemerasan. Pengadopsian jaringan 5G juga akan berkutat dengan implikasi keamanan untuk pindah ke jaringan yang ditentukan perangkat lunak.

Selanjutnya, pada tema the future is misconfigured, kerentanan dalam komponen container akan menjadi masalah keamanan teratas untuk tim DevOps. Platform serverless akan memperkenalkan permukaan serangan untuk kesalahan konfigurasi dan kode yang rentan.

Sedangkan, untuk tema the future is defensible, deteksi prediktif dan perilaku akan menjadi sangat penting terhadap ancaman yang terus-menerus dan tidak berubah. MITRE ATT&CK Framework akan memainkan peran yang lebih besar dalam cara perusahaan menilai keamanan. Selain itu, intelijen ancaman perlu ditambah dengan keahlian analitik untuk perlindungan di seluruh lapisan keamanan.

Melihat prediksi tersebut, Trend Micro turut merekomendasikan beberapa hal yang tentunya membutuhkan perpaduan lintas generasi dari pertahanan berlapis dan terhubung serta didukung oleh mekanisme keamanan seperti visibilitas lengkap, pencegahan ancaman dengan mitigasi yang efektif, deteksi dan respons terkelola, pemantauan perilaku, keamanan, serta deteksi dan pencegahan intrusi.


Share To


rachli

rachli

Dec. 6, 2019, 3:24 p.m.


tags : Cloud Keamanan Siber jaringan 5G Trend Micro


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live

Life Style 28 September 2020 9:00 a.m.

Brio Virtual Drift Challenge Seri Perdana Dimulai

Entertainment 28 September 2020 8:00 a.m.

Lanjutan EP Manner House dalam 'Forgotten Sea'