Laporan Trend Micro Peningkatan Ancaman Siber di Tengah Pandemi.jpg

Trend Micro: Peningkatan Ancaman Siber di Tengah Pandemi

oleh: rachli Technology Friday, 24 April 2020 10:00 a.m.


Mancode - Trend Micro Incorporated kembali mengeluarkan laporan soal peningkatan ancaman siber yang memanfaatkan keadaan pandemi Covid-19. Seiring meningkatnya jumlah korban yang menderita Covid-19, kampanye yang menggunakan wabah ini juga semakin meningkat.

Dalam keteragan resmi yang diterima Mancode (24/4/2020), data dari Trend Micro Smart Protection Network menunjukkan bahwa ada lebih dari 900.000 ancaman di email, URL, dan file, sebagian besar ancaman ini terkait dengan email spam.

Informasi yang dikumpulkan dalam laporan tersebut dari 1 Januari hingga 31 Maret 2020 ini mengungkapkan ancaman siber yang mengatasnamakan Covid-19 berasal dari Spam mail sebanyak 94,9 persen, Malicious URLs sebesar 5,0 persen, dan Malwere sebesar 0,1 persen.

Dikatakan oleh Laksana Budiwiyono selaku Country Manager Tren Micro Indonesia, banyak aspek pekerjaan sehari-hari yang kini sudah bergerak secara online karena pembatasan sosial. Untuk itu, pengguna harus waspada terhadap penjahat dunia maya yang menggunakan alat online populer.

“Para ahli Trend Micro memperkirakan aktivitas penipuan mengatasnamakan Covid-19 masih terus meningkat karena masyarakat masih berada dalam masa karantina,” katanya.

Dalam laporan yang dikeluarkan Trend Micro tersebut juga mengungkapkan sebanyak sepuluh negara teratas, yang di mana penggunanya secara tidak sengaja mengkases URL jahat dengan virus covid, covid-19, coronavirus, atau ncov.

Negara tersebut adalah Ameika Seritka sebesar 15 persen, Jepang sebesar 13,8 persen, Jerman sebesar 9,8 persen, Perancis sebesar 8,1 persen, Taiwan sebesar 6,2 persen, Inggris sebesar 5,3 persen, Venezuela sebesar 5,1 persen, Indonesia 4,3 persen, India sebesar 2,7 persen, dan Australian sebesar 2,6 persen.

Pihaknya juga menemukan kampanye cyberespionage potensial yang dijuliki sebagaij Project Spy. Kampanye ini mampu menginfeksi perangkat Android dan iOS dengan spywere (terdeteksi oleh Tren Micro sebagai AndroidOS_ProjectSpy.HRX dan IOS_ProjectSpy.A) yang dapat mencuri pesan dari platform perpesanan populer, informasi wifi, informasi SIM, dan banyak lagi.

Menyamar sebagai aplikasi bernama Coronavirus Updates dan telah diunduh di sejumlah negara Asia dan Eropa. Trend Micro mencatat bahwa URL tersebut diklik dan meningkat secara drastis di bulan Maret. Data Trend Micro menunjukkan peningkatan 260,1 persen dari Februari dan semua URL saat ini telah diblokir oleh Trend Micro.

Baca Juga: Trend Micro Luncurkan Program Mitra

Baca Juga: Trend Micro Prediksi Keamanan Siber Tahun 2020

Baca Juga: Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan


Share To


rachli

rachli

April 24, 2020, 10 a.m.


tags : Covid-19 Pandemi Trend Micro Indonesia Trend Micro Incorporated Ancaman Siber


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like