Kasur-Pasir-Sumenep.jpg

Tradisi Unik Kampung Pasir Warga Sumenep Madura

oleh: inggil Travel Friday, 22 January 2021 14:00 p.m.


Mancode - Bukan hanya mempunyai tradisi karapan sapi, salah satu daerah di Madura ternyata punya tradisi unik lainnya, yakni tidur di atas pasir. Masyarakat daerah Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten, Sumenep, Madura ternyata memilih pasir sebagai tempat tidurnya. Ternyata, tradisi itu sendiri telah dilakukan secara turun-temurun.

Kasur atau ranjang beralas pasir tersebut telah menjadi salah satu kearifan lokal yang hanya ada di Sumenep, khususnya di Desa Legung Timur ini. Warga di sana lebih memilih tidur di atas pasir karena percaya akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, ada pula ibu yang melahirkan di atas ranjang pasir beserta bidannya.

Kampung-Pasir-Sumenep.jpg

Tidak hanya memakai pasir sebagai tempat tidur saja, bahkan sekeliling rumah pun juga dipenuhi oleh pasir. Oleh sebab itu, warga di sana jarang mempunyai kursi yang terbuat dari kayu ataupun sofa empuk. Jalanan di desa pun juga dipenuhi dengan pasir.

Setelah ditelisik, ternyata pasir-pasir yang digunakan warga Sumenep bukanlah pasir biasa. Mereka memanfaatkan pasir yang diambil dari Pantai Lombang. Pasir itu berwarna putih kecoklatan dan tidak bau, selain itu teksturnya pun juga sangat halus dan lembut. Biasanya, para warga mengambil pasir-pasir tersebut di bawah pohon cemara.

Saringan-Kampung-Pasir-Sumenep.jpg

Sebelum digunakan, pasir-pasir yang telah diambil tersebut mereka ayak dulu menggunakan alat penyaring. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan material lain seperti kerikil kecil, sisa cangkang hewan laut, ataupun kotoran yang menempel.

Menurut warga Sumenep, tidur di atas pasir itu dinilai dapat memberikan efek relaksasi sekaligus menyembuhkan penyakit seperti gatal di kulit hingga keluhan nyeri punggung dan rematik.

Warga-Kampung-Pasir-Sumenep.jpg

Setelah ramai diberitakan, banyak orang semakin penasaran dengan desa ini sehingga disebut Kampung Pasir. Mereka para wisatawan yang berkunjung pun juga dapat menikmati sensasi tidur dan beristirahat beralaskan pasir. Selayaknya tempat tidur pada umumnya, kasur pasir ini juga dilengkapi dengan bantal maupun guling.

Baca Juga: Mengenal Tari Seblang Ritual Mistis di Desa Banyuwangi

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

Baca Juga: Sejarah Tradisi Lotus Feet, Simbol Kecantikan di Tiongkok


Share To


inggil

inggil

Jan. 22, 2021, 2 p.m.


tags : Sumenep Kampung Pasir Sumenep Tradisi Tidur di Atas Pasir Sumenep Kampung Pasir Madura


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like