HUT RI.jpg

Tradisi Unik dan Seru Perayaan HUT RI di Sejumlah Daerah

oleh: galih Travel Monday, 16 August 2021 17:00 p.m.


Mancode - Setiap 17 Agustus tiba, seluruh masyarakat di berbagai penjuru Indonesia sangat antusias menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). Saking antusiasnya, bahkan setiap daerah memiliki tradisi yang unik dan seru dalam memeriahkan kemerdekaan RI.

Tak sekadar memeriahkan, tradisi yang dilakukan masyarakat di daerah juga bertujuan mendorong semangat masyarakat agar mengingat perjuangan para pahlawan bangsa. Lalu, tradisi unik dan seru apa saja yang dilakukan masyarakat di wilayahnya masing-masing?

Lomba Dayung Perahu Naga – Banjarmasin

Lomba Dayung Banjarmasin.jpg

Melansir Indonesia.travel, masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan punya tradisi unik memeriahkan HUT RI, yakni Lomba Dayung Perahu Naga. Lomba yang dilangsungkan di Sungai Martapura ini dilakukan sejak 1924. Bukan sekadar dijadikan hiburan ketika menyambut HUT RI, tetapi juga menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit pendayung andal.


Pacu Kude – Aceh

Pacu Kude - Aceh.jpg

Bergeser ke Aceh, ada tradisi unik yang dilakukan warga di sana dalam memeriahkan HUT RI. Tradisi tersebut adalah Pacu Kude. Konon, tradisi masyarakat Aceh ini merupakan permainan rakyat yang sudah ada saat zaman kolonial Belanda, yang biasa dimainkan setelah musim panen.

Kemudian, pada 1956, Pacu Kude secara resmi diambil alih pemerintah setempat. Sejak saat itulah, pemerintah dan masyarakat Aceh menganggap bahwa Pacu Kude merupakan simbol dari perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan. Tradisi ini pun terus digalakan dalam rangka perayaan HUT RI.

Barikan - Malang

barikan malang.jpg

Terbang ke Pulau Jawa, ada juga tradisi unik yang dilakukan masyarakat Malang, Jawa Timur dalam merayakan HUT RI. Berbeda dengan Aceh dan Banjarmasin, masyarakat Malang justru memiliki tradisi syukuran di setiap kampung atau lingkungan warga. Syukuran tersebut disebut dengan tradisi Barikan.

Dalam Barikan, biasanya akan ada acara doa bersama, renungan kemerdekaan, menyanyikan lagu kebangsaan, dan makan bersama. Acara ini juga dilakukan sebagai wujud syukur, serta ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan antar tetangga.

Sepakbola Durian – Kebumen

Sepakbola Durian - Kebumen.jpg

Masih di Pulau Jawa, kali ini kita singgah di Kebumen, Jawa Tengah. Mereka juga punya tradisi perlombaan khas 17 Agustusan, yakni lomba sepakbola. Uniknya, mereka mengganti bola dengan buah durian.

Mengingat cukup ekstrim, perlombaan ini biasanya hanya diikuti oleh orang tertentu misalnya anggota laskar Densus 99 dan anggota forum spiritual. Sebelum perlombaan pun akan diadakan doa bersama untuk keselamatan para peserta.

Pawai Jampana - Bandung

Pawai Jampana - Bandung.jpg

Selanjutnya adalah tradisi dari Bandung, Jawa Barat. Mereka rutin menggelar Pawai Jampana ketika menyambut HUT RI. Dalam pawai ini, masyarakat Bandung memikul tandu yang berisikan berbagai aneka hasil bumi, kerajinan, serta makanan khas.

Tandu yang ada di dalam pawai ini bukan hanya satu, melainkan ada puluhan. Hasil bumi yang ada pada tandu tersebut kemudian akan diperebutkan oleh peserta pawai dan warga Kemudian, makanan yang juga ada pada tandu akan disantap bersama-sama. Bisa dibilang ini sebagai wujud kekompakan dan persatuan.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Baca Juga: Makna dan Sejarah Singkat Bendera Merah Putih

Baca Juga: TikTok Ajak Pengguna Rayakan HUT RI Lewat Program #BerjuangBerkreasi




Share To


galih

galih

Aug. 16, 2021, 5 p.m.


tags : Tradisi Perayaan HUT RI Lomba 17 Agustusan HUT RI ke-76 Travel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 15 September 2021 14:00 p.m.

Xiaomi Smart Glasses Lebih Baik dari Google Glass?

Shopping 14 September 2021 9:00 a.m.

Celana Dalam Michael Jordan Dilelang, Siapa Mau Beli?

Entertainment 6 September 2021 11:00 a.m.

Langit Sore Rilis Video Klip 'Mencintai Tak Direstui'