Kerja sama TOSKA.jpg

TOSKA Jadi Inovasi Teknologi Penerimaan Pajak

oleh: rachli Technology Monday, 17 February 2020 11:00 a.m.


Mancode - Dalam rangka mendorong transparansi pemerintah daerah melalui inovasi teknologi informasi (TI) terkait persoalan pajak, yaitu electronic fiscal devices (alat fiskal elektronik), Cartenz Group menjalin kerja sama dengan Bank DKI melalui project TOSKA (Tax Online System for Jakarta).

TOSKA merupakan sistem informasi yang menghubungkan antara sistem informasi transaksi usaha wajib pajak dengan sistem informasi perpajakan daerah. TOSKA sendiri sudah diimplementasikan Pemerintah DKI sejak tahun 2010.

Baca Juga: Cartenz Group Gandeng Bank DKI Wujudkan Project TOSKA

Diterangkan oleh Product Manager PT Cartenz Technology Indonesia, Bernadus Hananto, adanya TOSKA juga sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 98 Tahun 2019 tentang Pelaporan Data Transaksi Usaha Wajib Pajak Secara Elektronik.

“TOSKA juga menjadi program atau arahan dari KPK, yaitu Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) dalam area optimalisasi pendapatan daerah,” katanya dalam jumpa media di AIA Central, Jakarta (14/2/2020).

Soal pemasangan, TOSKA menghubungkan sistem informasi wajib pajak usaha yang terdiri dari hotel, restoran, dan juga tempat hiburan. Hotel sendiri dimulai dari kelas melati hingga bintang lima, vila, service apartement, rumah kost atau rumah singgah.

RAR_0904.jpg

Untuk pemasangan di restoran meliputi kafe, bar atau pub, dan rumah makan. Sedangkan, untuk pemasangan di tempat hiburan meliputi theme park atau arena bermain, bioskop, diskotik, dan massage and spa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Antivirus 2020

“Dengan pemanfaatan alat ini, berharap pemerintah provinsi DKI mampu mengoptimalkan potensi pendapatan daerah sesuai dengan arahan dari KPK,” kata Bernadus.

Sebagai gambaran implementasi Cartenz Group bersama Bank DKI, pihaknya melakukan pemantauan dengan beberapa devices yang ada dalam bentuk hardware dan software. Devices tersebut sebelumnya telah dipasangkan terhadap para wajib pajak.

Ada dua data center pemantauan TOSKA, yakni Bank DKI dan Pemprov DKI. Data tersebut bisa dipantau secara real time. Dengan pemantauan secara real time, pihak terkait dapat mengurangi tingkat kebocoran data yang terjadi karena tidak adanya pemantauan secara real time dan konsisten.

Baca Juga: Samsung Smartphone Perkenalkan Galaxy S20 Series

Selain dari wajib pajak yang dipantau, melalui sistem TOSKA, wajib pajak juga bisa mendapatkan benefit seperti dapat melakukan pelaporan secara online, tidak perlu datang ke pemprov, tapi hanya cukup dengan gadget atau laptop.

“Mereka bisa langsung bisa melapor dan memonitor semua transaksi usaha dan pelaporan setiap bulannya,” tambahnya.

Tujuan dan manfaat dari pemasangan TOSKA ini adalah memberikan kemudahan bagi para petugas dalam melakukan pemantauan dan evaluasi hasil pelaporan wajib pajak. Lalu, mengoptimalkan pendapatan daerah, dan membawah arah ke pemerintahan yang berwibawa, berintegritas dan transparan.


Share To


rachli

rachli

Feb. 17, 2020, 11:42 a.m.


tags : Penerimaan Pajak AIA Central Inovasi Teknologi sistem informasi TOSKA alat fiskal elektronik Cartenz Group Bank DKI electronic fiscal devices


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun