Tim Bola Tangan Pantai Wanita Norwegia.jpg

Tolak Pakai Bikini, Tim Bola Tangan Pantai Norwegia Didenda

oleh: galih Entertainment Tuesday, 27 July 2021 9:00 a.m.


Mancode – Baru-baru ini, tim bola tangan pantai wanita Norwegia mendapatkan perhatian publik, terutama di kalangan olahraga. Mereka mendapatkan denda karena menolak mengenakan bikini saat bertanding melawan Spanyol untuk perebutan medali perunggu di ajang Piala Eropa 2021.

Dalam aturan bola tangan wanita, setiap pemain diharuskan menggenakan bikini. Namun, tim bola tangan pantai Norwegia keberatan dengan aturan tersebut dan memilih mengenakan celana pendek. Penolakan mereka justru berbuntut hukuman atau denda dari Federasi Bola Tangan Eropa (EHF).

Penolakan Mengenakan Bikini

Melansir BBC, penolakan pemakaian bikini berawal dari ketidaknyamanan para pemain tim bola pantai Norwegia saat bertanding. Setiap pemain mengeluhkan celana bikini yang harus dikenakannya terlalu ketat, terbuka, dan tidak nyaman. Hal ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi tim dalam bertanding.


Untuk itu, mereka memilih tidak mengenakan bikini saat menghadapi Spanyol dalam perebutan medali perunggu di ajang Piala Eropa 2021 beberapa waktu lalu. Sebelum kejuaraan berlangsung, Norwegia sebenarnya sudah berkomunikasi dengan Federasi Bola Tangan Internasional. Mereka meminta izin agar para pemain diperbolehkan mengenakan celana pendek.

Sayangnya, permintaan mereka ditolak. Bahkan, mereka juga telah diingatkan bahwa pelanggaran aturan dapat dikenakan sanksi.

Akhirnya, Federasi Bola Tangan Eropa (EHF) menjatuhkan denda. Denda yang dijatuhkan karena kasus "pakaian yang tidak pantas". Selain itu, tim Norwegia juga dinyatakan telah bermain dengan celana pendek yang "tidak sesuai dengan peraturan seragam atlet yang ditetapkan dalam peraturan bola tangan pantai Federasi Bola Tangan Internasional.

Dalam denda tersebut, setiap pemain didenda dan harus membayar setara dengan $ 177 (Rp2,5 juta) per pemain.

"Bersama-sama kami akan terus berjuang untuk mengubah aturan seragam bertanding, sehingga pemain bisa bermain dengan pakaian yang nyaman bagi mereka," tulis pernyataan dari Federasi Bola Tangan Norwegia (NHF), setelah tim bola tangan pantai putri negara mereka didenda.

Kontroversi Denda

‘Dihukumnya’ para pemain bola tangan Norwegia pun menimbulkan kontroversi. Banyak orang bertanya mengapa pemain bola tangan pantai pria bisa memakai atasan longgar dan celana pendek yang panjangnya sampai ke paha, tapi perempuan dilarang memakai pakaian serupa?

Menanggapi denda tersebut, Presiden Federasi Bola Voli Norwegia, Eirik Sordahl, mengatakan, "Pada tahun 2021, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah," ungkapnya.

Sementara, menurut Menteri Kebudayaan dan Olahraga Norwedia Abid Raja, denda yang diberikan kepada Norwegia adalah hal yang konyol dalam dunia olahraga internasional. "Ini benar-benar konyol. Perubahan sikap diperlukan di dunia olahraga internasional yang macho dan konservatif," tulisnya dalam Twitter.

Dukungan Tim Norwegia

Hukuman yang diterima tim bola tangan pantai Norwegia rupanya juga mendapatkan perhatian dari Pink, bintang pop Amerika Serikat. Penyanyi nyentrik ini memberikan dukungan kepada tim Norwegia dengan menawari untuk membayari denda tersebut.

Pink, lewat Twitter, mengatakan dia akan membayar denda tersebut sembari mengecam EHF dan mendukung langkah tim Norwegia yang menolak dijadikan obyek seksual.

"Saya sangat bangga dengan tim bola tangan pantai putri Norwegia karena dengan berani memprotes aturan seksis terkait seragam mereka," cuit Pink.

"Federasi Bola Tangan Eropalah yang seharusnya didenda karena bersikap seksis. Saya dengan senang hati membayarkan denda yang kalian terima," lanjutnya.

Baca Juga: Warga Rusia Gerakkan Kampanye ‘Bikini Nurse’

Baca Juga: Riset: Wanita Korban Seksisme Rentan Menderita Depresi

Baca Juga: DJ Seksi Asal Singapura Ini Selalu Melanggar Hukum




Share To


galih

galih

July 27, 2021, 9 a.m.


tags : Seksi Entertainment Bikini Federasi Bola Tangan Eropa Bola Tangan Tim Bola Tangan Norwegia Tolak Pakai Bikini


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 10 September 2021 10:00 a.m.

Piaggio Indonesia Perkenalkan Empat Motor Premium Terbaru

Travel 6 September 2021 14:00 p.m.

Pro Kontra Paspor Vaksin di Inggris

Fashion Style 26 August 2021 12:00 p.m.

Upaya Hijup Majukan Fesyen Muslim Indonesia