Jakob Oetama.jpg

Tokoh Pers dan Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Tutup Usia

oleh: galih Life Style Wednesday, 9 September 2020 15:00 p.m.


Mancode – Kabar duka datang dari dunia jurnalistik Tanah Air. Tokoh pers sekaligus pendiri Kompas Gramedia Group Jakob Oetama meninggal dunia hari ini, Rabu (9/9/2020), pada usia 88 tahun.

“Telah meninggal dunia pendiri Kompas Gramedia, Pak Jakob Utama Oetama,” demikian pernyataan dari Kompas TV.

Jakob Oetama adalah putera dari seorang pensiunan guru di Sleman, Yogjakarta, yang lahir pada 27 September 1931. Beliau mulai mengawali kariernya sebagai jurnalis dengan menjadi redaktur di majalah mingguan Penabur, tepatnya pada 1956.

Pada 1963, Jakob Oetama bersama rekannya sesama jurnalis, yakni PK Ojong menerbitkan majalah Intisari. Selang dua tahun kemudian, Jakob Oetama mulai mendirikan harian Kompas, tepatnya pada 28 Juni 1965.

Lewat tangan dinginnya, Kompas berkembang dengan pesat hingga kini memiliki beberapa anak perusahaan. Mulai dari yang bergerak di bidang media massa, percetakan, radio, hotel, lembaga pendidikan, event organizer, stasiun TV, dan lainnya.

Selain itu, bersama dengan Jusuf Wanandi, Muhammad Chudori, Eric Samola, Fikri Jufri, Goenawan Mohamad, H. G. Rorimpandey dan Harmoko, Jakob Oetama juga ikut mendirikan The Jakarta Post, harian nasional Indonesia berbahasa Inggris.

Tak hanya di media, Jakob Oetama dikenal sebagai sosok yang aktif di beberapa organisasi pers. Ia tercatat pernah menjabat sebagai pembina pengurus pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan penasihat Konfedereasi Wartawan ASEAN.

Berkat dedikasinya di dunia jurnalistik, Jakob Oetama mendapatkan sejumlah penghargaan, termasuk gelar Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada dan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada 1973.

Jakob Oetama meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rencananya, almarhum akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia. Sedangkan pemakamannya dilangsungkan pada 10 September 2020 di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selamat jalan Pak Jakob Oetama.

Baca Juga: Melihat Tokoh di Balik Perumusan Sumpah Pemuda

Baca Juga: Microsoft Mulai Gantikan Peran Jurnalis dengan 'Robot' AI

Baca Juga: Lima Fakta Pak Suyadi, Tokoh Pencipta Unyil


Share To


galih

galih

Sept. 9, 2020, 3:40 p.m.


tags : Jakob Oetama Jakob Oetama Meninggal Dunia Kompas Gramedia Group Tokoh Pers Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”