Arifin-Siregar.jpg

Tokoh Ekonomi Indonesia Arifin Siregar Wafat

oleh: inggil History Tuesday, 24 September 2019 15:00 p.m.


Mantan Gurbenur Bank Indonesia (BI), Arifin Mohamad Siregar meninggal dunia pada usia 85 tahun. Kabar duka tersebut disampaikan oleh mantan Menteri Perindustrian sekaligus rekan kerja almarhum dalam organisasi Financial Club, MS Hidayat.

Sosok Arifin sendiri dikenal sebagai ahli ekonomi moneter dan perbankan yang kepemimpinannya patut diteladani seluruh pelaku kegiatan ekonomi. Beliau juga pernah menjabat sebagai Gubernur BI pada 1983 di era Soeharto, sebelumnya almarhum juga telah berkiprah di BI sejak 1971.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Kepiawaiannya dalam bidang ekonomi moneter dan perbankan juga membuatnya menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada 1993 hingga 1997. Diceritakan oleh MS Hidayat, sosok Arifin Siregar merupakan tokoh penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

“Pak Arifin merupakan ahli ekonomi yang lurus tegas dan sangat ahli. Selama menjadi Mendag ia sangat mengetahui Indonesia di bidang perdagangan nasional maupun internasional,” ujar MS Hidayat dilansir CNN.

Arifin-Siregar-Mantan-Gurbenur-BI.jpg

Selama menjabat sebagai menteri perdagangan, Arifin berhasil meletakkan dasar dari aturan yang sekarang merupakan acuan di bidang perdagangan baik nasional maupun internasional. Pada 2017, Arifin sempat meluncurkan buku autobiografi dengan judul ‘Aneka Zaman Dalam Renungan’

Baca Juga: Mengenang 4 Pesawat Buatan BJ Habibie yang Membanggakan

Buku karangannya tersebut berkisahkan peristiwa, permasalahan, keberhasilan, dan kegagalan, serta suka dan duka yang dialami mantan gurbenur BI ini. Dalam buku tersebut, Arifin menuliskan dengan gaya bahasa yang sederhana mengisahkan masa kecilnya saat masih dijajah oleh Jepang dan Belanda.

Arifin mengenyam pendidikan ekonomi di Rotterdam, Belanda, dan kemudian Jerman. Dia sempat berkarir di sekretariat jenderal PBB di New York dan Beirut selepas masa pendidikan.

Baca Juga: Muhammad Rafid Habibie, Cucu BJ Habibie yang Pernah di Timnas

Menurut rencana, Arifin akan dimakamkan di San Diego Hills, Selasa (24/9/2019).


Share To


inggil

inggil

Sept. 24, 2019, 3 p.m.


tags : Ekonomi Indonesia Arifin Siregar Gurbenur BI Arifin Siregar Meninggal


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia