Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19.jpg

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

oleh: rachli Life Style Tuesday, 28 April 2020 9:00 a.m.


Mancode - Meskipun menjalankan ibadah puasa Ramadhan di masa pandemi virus Corona atau Covid-19, bukan berarti menjadi pembatas untuk tidak melakukan beragam hal, termasuk berolahraga. Pasalnya, dengan berolahraga justru bisa membantu menjaga kondisi kesehatan.

Akan tetapi, bagaimana cara dan hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Menukil dari akun Instagram Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), berikut tipsnya.

Waktu Olahraga

Pilih waktu olahraga yang mendekati jam buka puasa. Akan tetapi, jika sibuk dan kurang memungkinkan, bisa diganti dengan waktu berolahraga satu jam setelah sahur saat makanan sudah dicerna dan energi masih banyak.

Durasi Olahraga

Mulailah dengan waktu yang singkat pada beberapa hari pertama bulan Ramadhan, yaitu dengan hanya berolahraga sekitar selama 30 menit. Setelah itu, boleh menambah durasi waktu berolahraga jika sudah terbiasa dan tubuh mulai beradaptasi.

Jenis Olahraga

Selama berpuasa, pilih jenis olahraga ringan agar tubuh tidak kelelahan atau dehidrasi seperti jalan kaki, yoga, peregangan tubuh dan senam ringan. Jika ingin melakukan kardio dengan intensitas tinggi, lebih baik dilakukan setelah waktu berbuka puasa.

Jenis Makanan

Pilih jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan energi, misalnya yang mengandung karbohidrat dan protein. Selain itu, atur pola makan untuk membantu memastikan bahwa tubuh akan memiliki energi yang dibutuhkan selama berpuasa.

Tubuh Terhidrasi

Tambahkan air kelapa sebagai menu minuman usai menjalankan latihan ketika berbuka puasa atau pilih makanan yang kadar airnya tinggi. Mengonsumsi lebih banyak buah yang mengandung air, seperti buah semangka dan salad.

Itulah beberapa tips untuk menjalankan olahraga di tengah pandemi Covid-19. Setidaknya, luangkan waktu untuk berolahraga saat sedang menjalankan work from home (WFH). Tentunya, hal ini bertujuan baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Olahraga yang Cocok Saat Karantina Virus Corona

Baca Juga: Kenali Jenis Sepeda Sesuai Kebutuhan Olahraga

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Ekstrim Parkour Bagi Tubuh


Share To


rachli

rachli

April 28, 2020, 9 a.m.


tags : Ramadhan Tips Olahraga Saat Puasa Kemenpora Covid-19 puasa Kementerian Pemuda dan Olahraga virus Corona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 9 July 2020 13:00 p.m.

Spotify Kenalkan Fitur Barunya 'Lirik'

Entertainment 9 July 2020 12:00 p.m.

Kembali Aktif Berkarya, SMVLL Rilis Single Let's Go

Entertainment 9 July 2020 11:00 a.m.

Debut Istimewa Biagi dengan Single 'In Your Eyes'