Tips Mejaga Privasi Data Versi Mozilla.jpg

Tips Menjaga Privasi Data Versi Mozilla

oleh: rachli Technology Friday, 17 April 2020 13:00 p.m.


Mancode - Selama physical distancing akibat pandemi virus Corona atau Covid-19, penggunaan internet semakin meningkat. Tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk berkomunikasi, belajar, bekerja atau bahkan berselancar di dunia maya untuk menghilangkan rasa bosan.

Akan tetapi, banyak dari pengguna internet yang tidak menyadari aktivitas online memiliki risiko terhadap keamanan data. Pengguna jangan mudah tergiur untuk membuat akun di internet dan harus selalu waspada akan privasi data.

Lalu, bagaimana cara menjaga privasi data di internet? Berikut ini beberapa tips untuk menjaga privasi data menurut peramban web, Mozilla.

Pilih kata sandi (password) yang unik dan kuat untuk setiap akun

Kata sandi yang lemah dapat lebih mudah ditebak atau dibobol melalui serangan brutal (brute-force attacks) lewat jaringan internet. Kata sandi adalah garis pertahanan terhadap upaya peretasan dan akses yang tidak sah atau tidak memiliki izin pada akun.

Firefox dapat membantu pengguna dengan menciptakan kata sandi yang kompleks dan unik. Menyimpan dan mengizinkan pengguna untuk mengaksesnya dari perangkat berbeda. Pengguna juga dapat menjaga kata sandi menggunakan Master Password.

Stop jika ada sesuatu yang mencurigakan

Malware dan phising merupakan bentuk ancaman terhadap keamanan di dunia maya yang sering terjadi. Phising adalah penipuan melalui surel yang dilakukan dengan menyamar menjadi pemberi layanan, seseorang atau perusahaan yang pengguna percayai. Sedangkan, spear phising adalah jenis penipuan yang lebih andal dan memiliki target spesifik.

Tujuan dari kejahatan ini adalah agar para korban tanpa sadar memasukkan kata sandi ke dalam situs web palsu, mengunduh program malware yang dapat menginfeksi perangkat korban melalui lampiran, seperti gambar atau dokumen, atau meminta untuk memberikan informasi personal.

Rutin perbarui softwere dan aplikasi di perangkat

Memperbarui software di komputer, tablet dan smartphone penting untuk dilakukan agar perangkat tetap aman. Pembaruan tersebut dapat memperbaiki bugs, kerentanan software dan masalah keamanan. Memperbarui aplikasi di smartphone dan sistem operasi secara rutin membuat perangkatmu lebih aman.

Pada Firefox, pengguna dapat mengatur menu pembaruan otomatis di bagian Firefox Updates yang terdapat di Menu - Options - General. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengecek dan mengatur ulang perizinan, pengaturan, dan pemilihan aplikasi di smartphone pengguna.

Melihat perkembangan teknologi yang kian pesat, menjaga keamanan privasi data di dunia digital bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Apalagi, di saat semua aktivitas sangat bergantung pada dunia digital seperti sekarang, keamanan data pengguna tetap harus jadi prioritas.

Baca Juga: Mozilla Menentang Pelanggaran Data Pribadi Pengguna Internet

Baca Juga: Pengguna Internet Jarang Sadari Ancaman Privasi Data

Baca Juga: Outsystem Prediksi 5 Tren di Kalangan Pengembang Aplikasi


Share To


rachli

rachli

April 17, 2020, 1 p.m.


tags : Mozilla Covid-19 Firefox Keamanan Data Physical Distancing Tips Mejaga Privasi Data virus Corona Pengguna Internet


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global