Tips Cegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan.jpg

Tips Cegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan

oleh: rachli Life Style Thursday, 14 May 2020 10:00 a.m.


Mancode - Selain mendatangkan pahala, ibadah puasa Ramadhan juga secara langsung melatih dan memperbaharui kondisi kesehatan tubuh. Namun, lain halnya dengan pengidap penyakit maag. Puasa memiliki tantangan tersendiri dalam mengatur pola makan.

Penyakit maag atau dispepsia merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung. Biasanya, kondisi ini terjadi karena peningkatan asam lambung yang disebabkan oleh bakteri, stres, atau kebiasaan menunda makanan.

Untuk mencegah kambuhnya penyakit maag saat berpuasa, tentunya harus meminimalisir atau menghindari penyebabnya. Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa tips untuk meredakan sakit maag saat puasa.

Konsumsi Makanan Kaya Serta Saat Sahur

Pastikan saat sahur mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat banyak ditemukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, beras, agar-agar, dan gandum. Makanan kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

Makanan kaya serta dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini penting karena jika maag kosong, asam lambung dapat mengiritasi dinding lambung dan mengakibatkan rasa perih. Tentunya, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko maag kambuh saat puasa.

Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup yang membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Probiotik mampu mengoptimalkan kesehatan usus dengan baik. Menurut beberapa ulasan, probiotik dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada dan mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki gejala maag.

Probiotik dapat dijumpai pada yogurt, makanan fermentasi, dan suplemen probiotik. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan ini saat sahur dan berbuka. Tetapi, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen karena memiliki konsentrasi probiotik yang lebih tinggi per porsi.

Madu

Madu adalah pemanis alami yang populer digunakan dan berkhasiat dalam melawan bakteri. Oleh karena itu, madu menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit maag. Kandungan nutrisi pada madu dapat melawan bakteri H. Pylori yang menyerang lambung.

Berbuka Tepat Waktu

Meskipun dilanda kesibukan beraktivitas, berbuka puasa tepat waktu penting dilakukan untuk mencegah maag kambuh. Jangan membiasakan menunda waktu berbuka puasa. Hindari juga minuman berbuka puasa yang mengandung kafein.

Selain itu, buatlah jadwal makan yang baru selama bulan puasa. Jika sebelumnya makan tiga kali sehari, bisa merubahnya dengan empat atau lima kali dari waktu berbuka puasa hingga imsak dengan porsi masing-masing lebih sedikit agar tidak kenyang berlebih.

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang

Baca Juga: Cara Atasi Cegukan Saat Berpuasa Tanpa Membatalkannya


Share To


rachli

rachli

May 14, 2020, 10 a.m.


tags : dispepsia Penyakit maag Maag Tips Tips Cegah Maag Kambuh Puasa Ramadhan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”

Entertainment 17 September 2020 10:00 a.m.

ChAS Kembali Rilis Single Baru 'Ceria'