
Tips Bikin Konten Promosi Kreatif Selama Ramadan ala TikTok
oleh: galih Technology Wednesday, 16 March 2022 12:00 p.m.
Mancode – Bulan Ramadan tinggal hitungan hari. Bagi pelaku bisnis, Ramadan merupakan momen tepat untuk mengembangkan bisnis dengan memenuhi permintaan pasar yang meningkat pesat. Brand dan UKM perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadirkan cara baru yang segar, guna menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen secara efektif, khususnya para pengguna platform digital seperti TikTok.
Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia menyampaikan bahwa kreativitas menjadi kunci yang perlu dimiliki oleh semua pelaku bisnis untuk dapat menangkap peluang Ramadan di TikTok.
“Saat ini, semua orang mencoba hal baru untuk dapat memaknai hidup secara positif, mulai dari belajar hal baru, menghibur sesama tanpa harus bertemu langsung, hingga menemukan cara kreatif untuk bisa terhubung dengan orang dikasihi, khususnya pada momen Ramadan mendatang. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk ikut mengambil bagian membantu masyarakat menemukan kebahagiaan mereka dengan cara-cara yang kreatif dan relevan dengan kondisi saat ini," ungkap Sitaresti.
Untuk memaksimalkan kampanye Ramadan para pelaku brand dan UKM, TikTok membagikan tiga tips yang bisa dipraktikkan para pelaku bisnis. Apa saja?
1. Maknai Berbagai Momen Kunci Ramadan dengan Konten yang Relevan
Tidak hanya pelaku bisnis, Ramadan juga menjadi momen yang dinanti konsumen untuk memaknai berbagai tradisi yang muncul satu tahun sekali. Berdasarkan guidebook TikTok mengenai Ramadan 2022, terdapat empat kategori konten yang menjadi inspirasi pengguna TikTok untuk memaknai kebersamaan Ramadan yaitu entertainment; tradisi memberi hadiah dan berbelanja; kebiasaan Ramadan; dan perayaan Lebaran.
Para pelaku bisnis bisa mendistribusikan konten-konten sesuai dengan momen-momen Ramadan. TikTok membagi momen kunci ini ke dalam tiga fase, yaitu fase persiapan, fase bulan Ramadan, dan fase perayaan Lebaran.
Di fase Persiapan, pebisnis retail bisa menghadirkan konten menyambut bulan suci dengan mengajak konsumen membersihkan rumah dengan tagar #bersihbersih. Memasuki bulan Puasa, pebisnis fast moving consumer goods (FMCG) juga bisa menghadirkan konten mukbang berupa pengalaman virtual yang seru saat menyantap produk lezat sembari ngabuburit lewat tagar #bukabarenglagi.
Selanjutnya memasuki Hari Kemenangan, di mana konsumen merayakannya dengan bersilaturahmi dengan keluarga, pebisnis fashion bisa memberi inspirasi seputar konten mix and match outfit lebaran dengan koleksi terbaru produk mereka.
2. Bereksperimen dengan Fitur dan Ekosistem TikTok
Perkaya konten Ramadan bisnis dengan memaksimalkan creative tools yang terintegrasi dengan platform TikTok. Mulai dari stiker, filter, dan musik spesial Ramadan, hingga fitur 'Duet' maupun 'Stitch' yang bisa memancing interaksi antara brand dengan pengguna. Misalnya untuk pebisnis fintech, kreasikan konten bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) secara virtual lewat fitur Duet dan tambahkan tagar THR #DapetApa di akhir video.
Sebagai secret ingredients menciptakan konten yang engaging, manfaatkan elemen penting ekosistem TikTok yaitu kreator konten untuk mengajak komunitas terlibat ke dalam kampanye Ramadan kamu.
Pilih kreator yang memiliki kesamaan value dengan bisnis dan jangan ragu memberi ruang kreatif pada kreator untuk mengekspresikan sisi otentiknya, termasuk dalam mengkreasikan fitur kreatif TikTok agar video yang dihasilkan semakin engaging.
3. Libatkan Komunitas TikTok
Agar semakin berkesan, pelaku bisnis bisa melibatkan kreativitas komunitas untuk merayakan kebersamaan Ramadan secara virtual. Hadirkan konten marketing yang otentik untuk mewakili pesan kampanye Ramadan dan undang konsumen yang ada di TikTok untuk menikmati keseruannya.
Brand maupun UKM bisa mendistribsukan konten tersebut lewat beragam solusi yang tersedia di TikTok, mulai dari fitur Hashtag Challenge, Brand Takeovers, Top Views, In-feed Ads, hingga One Day Max Ads. Lewat solusi bisnis ini, pelaku bisnis bisa mengajak konsumen untuk mengekspresikan sisi otentik mereka ke dalam konten pemasaran bisnis Anda.
Salah satu brand yang merasakan manfaat langsung dari arahan kreatif di atas adalah AQUA. Berkat memahami momen kunci dan perilaku konsumen selama Ramadan, konten kreatif yang dihadirkan oleh AQUA berhasil membuat brand tersebut menghadirkan kampanye yang bermakna untuk komunitas TikTok.
Lewat kampanye bermakna yang dihadirkan AQUA di TikTok pada Ramadan 2021, AQUA berhasil mengkerek penjualan hingga 10 persen lebih besar dibanding Ramadan tahun sebelumnya, mendatangkan 50 juta lebih pasang mata untuk akun TikTok-nya, serta mendorong kreativitas pengguna menciptakan lebih dari 10 ribu video TikTok untuk AQUA.
Share To

galih
March 16, 2022, noon
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Sony Luncurkan Dua Model Headphone Terbaru, WH-CH720N dan WH-CH520
47 2 weeks, 5 days ago
Sony memberikan pilihan headphone nirkabel on-ear atau over-ear yang dilengkapi dengan teknologi audio Sony yang telah dikenal secara luas.

Layanan Manajemen Digital AOneSchools Bantu Percepat Proses Adminitrasi Pendidikan
36 2 weeks, 5 days ago
AOneSchools juga membantu pusat pembelajaran mengelola administrasi dan pekerjaan operasional mereka menjadi lebih efisien hingga 95 persen.

Social Bread Hadir Bantu Pemanfaatan Media Sosial Bagi UKM
18 16 hours ago
Dengan pengalaman tim yang luas di industri digital, Social Bread memberikan solusi end-to-end untuk para pemilik bisnis dengan harga yang kompetitif.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 29 March 2023 7:00 a.m.
Ini Daya Tarik Mitsubishi Colt L300 Laris Manis di Indonesia
Entertainment 14 March 2023 10:00 a.m.
Musisi Yovie Widianto Siap Sapa Penggemar Di Konser Spesial ‘Billion Songs Confest’
Life Style 6 March 2023 16:00 p.m.
Mitsubishi Fuso Targetkan Raih Market Share 45 Persen di 2023, Begini Strateginya
Life Style 4 March 2023 11:00 a.m.