Screenshot_20221124-084926_Chrome.jpg

Tips Berkendara Aman ke Tempat Wisata Alam Terbuka

oleh: galih Life Style Thursday, 24 November 2022 11:00 a.m.


Mancode - Bagi warga Jakarta, salah satu tempat yang cocok buat healing di alam terbuka adalah kawasan Puncak, Bogor yang berjarak sekitar 90 km dan menghabiskan waktu sekitar 2 jam berkendara dari ibukota.

Medan jalanan yang cukup ekstrem, berkelok-kelok, tanjakan curam, dan badan jalan yang sempit tentunya membutuhkan dukungan kendaraan yang mumpuni dan kemampuan mengemudi yang andal.

Untuk itu, Hankook Tire memberikan beberapa tips bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan destinasi alam terbuka.


Buat Estimasi Jarak

Dengan mengetahui jarak, kamu dapat mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit maupun peralatan darurat lainnya. Khusus ban, kamu membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang kasar dan lebih renggang agar lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalanan basah atau kering.

Jaga Konsentrasi

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menjelaskan bahwa sebesar 61% penyebab kecelakaan dipicu oleh faktor manusia. Oleh sebab itu, hindari penggunaan handphone, multitasking dengan kegiatan lainnya dan rasa kantuk ketika berkendara serta pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan hindari mengkonsumsi obat obatan yang dapat memicu badan lemas pada saat menyetir.

Tentukan Muatan Kendaraan

Untuk muatan kendaraan jenis MPV atau SUV, disarankan maksimal 8 orang dan sudah termasuk pengemudi, dengan bobot maksimal 3.500 kilogram. Kamu dapat melihat kombinasi kode angka dan huruf pada ban yang menandakan load index per ban mobil. Kendaraan yang overload kerap berujung pada insiden pecah ban dan rem blong karena tekanan yang diterima oleh ban lebih besar sehingga mengakibatkan gesekan yang melebihi kapasitas ban.

Cek Kendaraan Sebelum Jalan

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi juga memaparkan bahwa sebesar 9% penyebab kecelakaan dipicu karena faktor kendaraan secara teknis. Cek mesin kendaraan, kondisi air radiator hingga tekanan angin pada ban. Tekanan angin yang ideal pada ban sekitar 32 hingga 35 psi (per square inch). Waktu pengisian angin pada ban mobil sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan pada saat ban keadaan panas, tekanan udara meningkat dan akan terjadi pemuaian yang mengakibatkan ban dapat mengempis. Periksa juga apakah ada objek atau kerikil yang melekat pada ban agar kendaraan tidak selip pada saat melakukan perjalanan.

Sementara, National Sales Manager Passanger Car Radial PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menjelaskan bahwa ban merupakan salah satu komponen yang penting ketika melakukan perjalanan.

“Ban berfungsi sebagai penggerak, menopang muatan dan mendukung kestabilan pada saat melewati berbagi medan. Ban pecah atau ban bocor menjadi salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih ban yang sesuai dan lakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan,” ujar Apri.

Hankook Tire memiliki tipe Dynapro AT2 Xtreme yang cocok digunakan untuk berkendara ke alam terbuka. Ban all-terrain atau segala medan ini dapat memenuhi pengalaman berkendara dengan maksimal, baik medan off-road maupun jalan highway.

Ban ini dilengkapi dengan desain tapak yang lebar sehingga memberikan traksi offroad namun tetap menjaga ketenangan selama berkendara. Selain itu dilengkapi dengan berbagai fitur pelindung pada ban yang dapat melindungi ban dari berbagai benturan objek.

“Hankook Dynapro AT2 Xtreme ditujukan untuk mobil penumpang dengan traksi off road pada medan jalan yang berat dan produk ini menawarkan kenyamanan dan keamanan ketika melakukan perjalanan ke alam terbuka,” tambah Apri.




Share To


galih

galih

Nov. 24, 2022, 11 a.m.


tags : Hankook Tips Berkendara Aman Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA