Gala Indiga-1.jpg

Tips Abadikan Momen Touring Motor

oleh: galih Technology Wednesday, 4 August 2021 13:00 p.m.


Mancode – Mengabadikan gambar bergerak seperti saat touring motor menjadi hal yang cukup menantang. Terutama bagi Mancoders yang baru mendalami dunia fotografi. Butuh pendalaman teknik fotografi yang jitu untuk membidiknya agar hasilnya ciamik.

Seperti diketahui, teknik fotografi di luar ruangan, ada yang disebut dengan fotografer aksi. Dalam teknik ini, fotografer harus mengimbangi kecepatan objek dengan kecepatan rana kamera atau shutter speed. Jika tidak, kamu pasti akan kehilangan momen.

Bagi kamu yang ingin mengabadikan saat touring, ada tiga fotografer ternama yang membagikan tips bagaimana cara mengabadikan momen saat touring motor. Seperti apa tipsnya?


Fotografer Gala Indiga

Gala Indiga.jpg

Menurut Gala, ada dua tujuan fotografi yang perlu diketahui. Tujuan pertama adalah mengenai si subjek dan tujuan kedua adalah bercerita.

Lebih jauh dia menjelaskan, jika subjeknya adalah sepeda motor, maka yang dibutuhkan pada gambar tersebut adalah detailing yang dapat memperlihatkan bagian-bagian sepeda motor dengan lebih jelas. Kemudian, ambil foto dengan angle close up, dari sisi kiri, kanan, atas, diagonal dan eye level.

Soal bercerita, yang perlu diambil adalah motor dengan suasana, bukan lagi detailing. Jadi, perlu adanya pengambilan gambar yang bercerita bagaimana mengenai kenyamanan sepeda motor yang digunakan dan di mana ketika digunakan, sehingga dapat memberikan pandangan yang holistik.

Sebagai perbandingan, dalam sebuah gambar perlu ada 20 persen objek dan 80 persen pemandangan. Untuk memotret, tidak perlu menunggu cuaca cerah, karena cuacanya apapun memiliki cerita dan visual tersendiri.

“Tips bagi kamu yang baru mulai mencoba fotografi adalah penting untuk mempelajari anatomi subjek. Jika itu sepeda motor, maka kamu perlu tahu angle terbaik. Untuk sepeda motor, setang harus lurus agar dimensinya tampak lebih panjang,” ungkap Gala dalam siaran pers Royal Enfield yang diterima Mancode.

Juga sangat penting, menurut Gala, adalah "memahami subjek" sebelum kamu memotretnya. Jika ingin mengabadikan sepeda motor, cobalah mengenal sepeda motor itu terlebih dahulu, pahami sepeda motor dengan mengendarai dan menjelajahinya.

Fotografer Grady Kayzel

Grady Kayzel.jpg

Tips fotografi menurut Grady adalah membutuhkan riset dan referensi yang banyak, serta banyak menonton video tutorial fotografi. Dengan banyak keterampilan yang digali, karakter setiap fotografer akan muncul dengan sendirinya. Itulah yang akan membedakan foto dari banyak fotografer di luar sana.

“Untuk fotografi luar ruangan, kamu perlu mengulik kameramu untuk menemukan speed dan ISO yang tepat untuk setiap situasi. Bahkan di malam hari dengan cahaya redup, jika terus bermain dengan speed dan ISO, kita dapat menghasilkan gambar yang bagus,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Grady, tidak perlu menggunakan kamera yang mahal dan canggih, dengan kamera standar saja sudah cukup. Yang penting ada kemauan untuk terus mencari referensi, berbagi pengalaman dengan teman, belajar dan banyak bertanya yang akan menghasilkan karakter fotografi tersendiri yang tidak dimiliki orang lain.

Kemudian untuk perawatan kamera, jika kamu sering mengambil foto outdoor seperti riding, maka kamera harus sering diservis untuk membersihkannya dari debu selama perjalanan.

“Ketahui detail sepeda motornya dan rasakan saat berkendara di berbagai medan. Dengan melakukan ini, gambarmu akan dapat mencerminkan kreativitasmu,” sarannya.

Fotografer Prakoso Umam

Prakoso Umam.jpg

Untuk menjadi seorang fotografer, menurut Umam, harus fokus dan mengejar apa yang kita suka. Jika menyukai fotografi outdoor,kata Umam, berangkatlah sepagi mungkin agar mendapatkan pencahayaan terbaik, terutama jika ingin memotret pemandangan.

Kemudian, lanjutnya, saat mengambil foto carilah komposisi yang benar-benar bagus. Untuk fotografi outdoor saat berkendara, perlu menyatukan jalan, sepeda motor, dan latar belakang untuk membuat cerita yang bagus dari sebuah gambar.

“Untuk gear-nya sendiri tidak perlu kamera yang canggih dengan lensa yang mahal, kamera standar atau kamera smartphone saja sudah cukup, yang penting mengabadikan sebuah momentum,” ungkapnya.

Baca Juga: OPPO A91 Tawarkan Pengalaman Fotografi Profesional

Baca Juga: Tips Fotografi dan Videografi Seru ala TikTok

Baca Juga: Super Thanks Cara YouTube Apresiasi Konten Kreator




Share To


galih

galih

Aug. 4, 2021, 1 p.m.


tags : Technology Fotografi Gerak Touring Motor Fotografi Fotografi Profesional Tips Fotografi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 23 September 2021 10:00 a.m.

Piaggio Hadirkan Dealer Premium Motoplex 4 Brand di Surabaya

Entertainment 23 September 2021 7:00 a.m.

Selamat! Film Yuni Menang di Festival Film Toronto 2021

Entertainment 10 September 2021 7:00 a.m.

TRAH Fokus Berkarya di Momentum Bersejarah