
TikTok Prediksi Tren Konten Selama Ramadan 2021
oleh: galih Technology Wednesday, 17 March 2021 7:00 a.m.
Mancode – TikTok, platform video singkat membagikan hasil survei bertajuk "TikTok Ramadan Insight 2021" yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok. Hasil survei tersebut bertujuan memprediksi tren dan hal-hal yang disukai penggunanya di Indonesia selama Ramadan 2021.
Laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" memperlihatkan sebanyak 71 persen pengguna TikTok merayakan Ramadan dengan caranya masing-masing. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas di rumah. Tren ini terlihat dari Ramadan tahun lalu, di mana terdapat 29 persen peningkatan engagement selama bulan tersebut, dibandingkan rerata harian.
Di tahun ini, sebanyak 96 persen pengguna TikTok menyatakan ingin lebih aktif di platfrom online dan akan mengunggah konten dalam platform digital selama Ramadan nanti dengan berbagai konten tren, seperti kebersamaan bersama keluarga juga teman-teman. Selain itu, satu dari tiga pengguna juga sudah merencanakan akan membeli lebih banyak makanan dan kudapan secara online di Ramadan tahun ini.
"Dari hasil survei kami di laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" ini, terlihat bahwa di tengah segala keterbatasan yang ada saat ini, para pengguna TikTok di Indonesia tetap aktif dan semangat dalam berbagi cerita dengan suka cita, sehingga dapat memberikan arti kebersamaan terutama di masa pandemi. Mereka menikmati dan berbagi kebahagiaan melalui konten-konten yang informatif, inspirasional, menghibur, dan yang terpenting, relevan atau relatable," ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.
Sementara menurut data dari Kantar, sejak tahun lalu pandemi Covid-19 berdampak pada masyarakat dalam merayakan Ramadan. Ramadan dirayakan dengan lebih sederhana, yang lebih fokus pada ibadah dan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dengan penyampaian sosialisasi yang berbeda-beda.
"Dari sisi konsumen, orang-orang Indonesia menerapkan pengaturan prioritas atas pengeluaran pada saat Ramadan, bahan makanan segar dan produk konsumen menjadi prioritas utama mereka. Para brand dan pelaku usaha memiliki peluang untuk memanfaatkan berbagai platform digital dalam berkomunikasi dengan target publiknya, seperti inspirasi berbagi, kegiatan di rumah dan kisah humanis lainnya," kata Fanny Murhayati, Marketing Director Kantar Indonesia.
Konten yang Paling Dinantikan
"TikTok Ramadan Insight 2021" juga menyorot berbagai jenis konten yang dapat dimanfaatkan brand atau UKM untuk menarik audiens baru, mengingat konten inilah yang paling ditunggu oleh pengguna selama ramadan.
Dari survei tersebut, tahun ini, sebagian besar pengguna menantikan konten religi, makanan, informasi terbaru dari keluarga dan kerabat, konten keseharian, serta fesyen dan kecantikan. Konten-konten ini biasanya dijadikan sebagai inspirasi dan rekomendasi untuk menemukan produk-produk yang tepat yang diinginkan pengguna.
Brand memiliki kesempatan besar untuk terhubung dengan para pengguna yang sangat engaged selama bulan Ramadan, dengan cara yang autentik di TikTok. Para pengguna dapat secara langsung terlibat dalam kampanye brand dengan cara membuat konten sendiri sesuai dengan kreativitas mereka.
Pengguna TikTok di Indonesia pun sangat reseptif terhadap iklan, di mana 90 persennya mengaku mengambil tindakan lanjutan (mencari tau lebih lanjut tentang produk, meng-klik link iklan/akun brand, berkomentar, dan lainnya) setelah melihat iklan yang tayang di platform.
Untuk membantu para UKM dalam melakukan kampanye pemasaran di bulan Ramadan ini, TikTok menghadirkan platform self-serve untuk solusi TikTok For Business.
Share To

galih
March 17, 2021, 7 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Redmi 10 5G Hadir di Indonesia, Harganya Rp2 Jutaan
45 1 week, 5 days ago
Redmi 10 5G hadir dengan tiga pilihan dan memiliki dua varian RAM, yaitu 4GB atau 6GB. Harganya dibanderol mulai dari Rp Rp2.799.000.

Xiaomi 12 Lite 5G Siap Ramaikan Pasar Smartphone Tanah Air
42 3 weeks, 6 days ago
Xiaomi 12 Lite 5G hadir dengan beberapa fitur seperti studio-level camera, dual LEDs selfie glow pertama di seri Xiaomi dan dukungan Dolby Atmos serta Dolby Vision.

Greens, Starup Teknologi Pangan Terpadu Raih Pendanaan Pre-Seed
31 1 week, 5 days ago
East Ventures senang menyambut Greens sebagai bagian dari portofolio dan mendukung penuh misinya untuk melokalisasi produksi pangan.
YOU MAY ALSO LIKE
Travel 8 August 2022 11:00 a.m.
CIRE Alila Villas Uluwatu Tawarkan Menu Baru Khas Mediterania
Entertainment 5 August 2022 13:00 p.m.
Indonesia Kaya Jaring 29 Peserta Program Baru “Mentjari Bang Maing dan Djoewita”
Life Style 30 July 2022 10:00 a.m.
Garuda Indonesia Jalin Kemitraan Strategis dengan PERIKLINDO
Entertainment 15 July 2022 11:00 a.m.