TikTok.jpg

TikTok Luncurkan Pusat Literasi Digital Baru di Indonesia

oleh: galih Technology Tuesday, 1 March 2022 13:00 p.m.


Mancode – TikTok, platform video singkat mengumumkan peluncuran "Pusat Literasi Digital" yang tersedia di dalam aplikasi (in-app). Ini sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan digital yang aman bagi para pengguna.

“TikTok berkomitmen untuk menciptakan ruang digital yang aman guna melindungi para pengguna kami dalam mengekspresikan dirinya secara autentik. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memperkuat sistem keamanan kami demi mendukung terciptanya pengalaman berkreasi yang aman bagi para pengguna kami di Indonesia,” ujar Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia beberapa waktu lalu.

Faris menambahkan, melalui Pusat Literasi Digital terbaru ini, TikTok telah menyusun pendekatan yang ada agar sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dialami oleh para penggunanya di Indonesia. Misalnya, tentang tantangan berbahaya ataupun perundungan siber.


“Kami juga terus berusaha untuk menghadirkan sumber daya kesejahteraan digital untuk para komunitas lokal demi memastikan bahwa pengguna memiliki bekal informasi yang cukup untuk menghadapi lanskap digital yang terus berkembang," tambahnya.

Pusat Literasi Digital ini berfungsi sebagai portal satu atap yang berisi semua inisiatif edukasi TikTok seputar kesehatan mental, kesehatan siber, keselamatan pengguna, tantangan yang berpotensi berbahaya, dan topik terkait literasi digital lainnya.

Pusat ini juga akan menghadirkan berbagai tips menarik seputar literasi digital mulai dari video, kuis, dan konten edukasi berbasis skenario. Sumber daya yang disediakan ini dirancang untuk memberdayakan pengguna untuk lebih cerdas dalam menanggapi konten online yang beredar sebelum ikut terlibat.

Selain itu, sumber daya ini juga ingin melengkapi pengguna dengan sarana untuk mengenali serta melaporkan konten yang tidak sesuai apabila mereka menemukan konten sejenis di platform TikTok

Sementara, TikTok juga turut memperkuat langkah dalam melawan tantangan online yang berpotensi membahayakan pengguna. Langkah tersebut antara lain dengan menghadirkan teknologi yang langsung memperingati tim keamanan jika terjadi lonjakan pelanggaran konten yang berkaitan dengan tagar tertentu, serta inisiatif pengaturan privasi yang membatasi penggunaan aplikasi untuk pengguna di bawah usia 16 tahun demi menciptakan pengalaman yang sesuai dengan usia pengguna.

Baca Juga: F5 Distributed Cloud WAAP, Solusi Teknologi Keamanan Aplikasi F5

Baca Juga: HID Global Prediksi 7 Tren Memengaruhi Industri Keamanan dan Identitas di 2022

Baca Juga: TigerGraph Luncurkan Kompetisi Penggunaan Teknologi Graph Inovatif

.




Share To


galih

galih

March 1, 2022, 1 p.m.


tags : Pusat Literasi Digital Tiktok Pusat Literasi Digital Technology TikTok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE