Buku Panduan Belajar TikTok.jpg

TikTok Luncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar

oleh: galih Technology Thursday, 6 May 2021 13:00 p.m.


Mancode - Sebagai momentum Hari Pendidikan Nasional, TikTok, platform video singkat, menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Peluncuran buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum, IGI Periode 2016-2021 dan Ketua Umum JSDI mengatakan, kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar baik di rumah atau di sekolah. Guru dan orangtua atau wali yang menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan pun perlu selalu beradaptasi dan berinovasi share peserta didik tetap semangat menimba ilmu.


"Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh tenaga pengajar dan orangtua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," kata Muhammad Ramli Rahim.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tips untuk membuat konten di TikTok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur TikTok yang dapat membuat konten edukasi lebih​ menarik beserta video contoh yang diberikan oleh salah satu kreator TikTok, kemudian tips bagaimana memaksimalkan akun TikTok beserta ragam konten edukasi yang ada di TikTok. Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform TikTok.

"Program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional tahun lalu memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar dimana saja dan kapan saja melalui video singkat," kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

"Hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini telah mengejewantahkan misi kami tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di TikTok," tambah Angga.

Untuk menghadirkan buku panduan ini, TikTok Indonesia kembali berkolaborasi dengan IGI dan JSDI, setelah sebelumnya bersama-sama menyelenggarakan webinar pelatihan kepada lebih dari 2000 guru di 10 wilayah di Indonesia, dari Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, hingga Papua, mengenai konten edukasi di TikTok.

Antusiasme dan semangat para peserta guru ini diharapkan dapat menyebar ke tenaga pengajar lainnya dengan kesempatan untuk mengakses informasi tentang konten edukasi yang ada di Buku Panduan #SamaSamaBelajar.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar ini dapat diakses secara gratis di halaman website IGI dan JSDI mulai 5 Mei 2021. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 56 miliar.

Baca Juga: TikTok Hadirkan Program #SamaSamaBerbagi, Apa Saja Keseruannya?

Baca Juga: Tips Tumbuhkan Kebiasaan Baik di Platform Digital Selama Ramadan

Baca Juga: Tips Bikin Konten Awesome dengan Samsung Galaxy A Series




Share To


galih

galih

May 6, 2021, 1 p.m.


tags : Technology Buku Panduan Belajar TikTok Pendidikan Buku Panduan #SamaSamaBelajar TikTok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 16 June 2021 13:00 p.m.

Vespa Sabet Penghargaan Webby Award 2021

Life Style 3 June 2021 8:00 a.m.

Blibli Salurkan Bantuan 'Gowes Berbagi Kebaikan'

Entertainment 1 June 2021 12:00 p.m.

Memori Kenangan Kevin Hugo lewat Fairytale

Life Style 24 May 2021 7:00 a.m.

DFSK Gelar Pameran di 50 Lokasi Seluruh Indonesia