
TikTok Dorong UKM Melek Digital Lewat Pelatihan
oleh: galih Technology Friday, 28 May 2021 7:00 a.m.
Mancode – TikTok meluncurkan program terbaru untuk usaha kecil dan menengah (UKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) melalui pelatihan bisnis digital dalam #MajuBarengTikTok.
Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia mengatakan, UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Untuk itu, pihaknya selalu berusaha mendukung pertumbuhan keduanya dengan menyediakan platform, di mana mereka bisa menyampaikan pesan brand-nya, termasuk dengan berbagai fitur dan tools yang tersedia, dengan anggaran yang fleksibel,
“Program #MajuBarengTikTok ini menjadi usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami," kata Pandu Nitiseputro, saat konferensi pers online, Kamis (27/5/2021).
Program #MajuBarengTikTok terdiri dari rangkaian pelatihan inspiratif bagi UKM dan IKM di seluruh Indonesia, disokong oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), dan sejumlah mitra terkait.
Mulai dari 3 – 29 Juni 2021, program #MajuBarengTikTok akan digelar dengan rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia. Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen.
TikTok juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Telkomsel, BCA, Pertamina, GoFood, BliBli, Moka, Foodizz, Micro Mentor, hingga SMESCO, untuk turut memberikan materi yang bermanfaat bagi UKM dan IKM.
Setelah mendapat serangkaian pelatihan di kelas online, peserta #MajuBarengTikTok akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat digital. Para peserta diharapkan dapat langsung mempraktikkan keterampilan secara langsung di aplikasi dengan panduan dari tim TikTok.
Peserta yang terpilih juga berkesempatan mendapat bantuan berupa credit ads TikTok, sehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung ke bisnis masing-masing.
Pentingnya Digitalisasi UKM dan IKM
Digitalisasi memberikan pengaruh dalam peningkatan bisnis UKM dan IKM. Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa UKM yang terhubung platform digital mengalami pertumbuhan, dengan peningkatan transaksi daring sebesar 26 persen.
Sementara saat ini, baru 19 persen atau sekitar 12 juta UKM yang mengakses platform digital, termasuk untuk pemasaran. Oleh karena itulah, pemerintah menargetkan 30 juta dari 64 juta UKM bisa go digital di tahun 2023.
"Digitalisasi adalah bagian penting untuk penguatan ekonomi KUMKM. Untuk bisa mewujudkannya, perlu adanya kolaborasi dengan platform digital melalui program literasi digital, pengembangan kapasitas SDM, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi hingga mengoptimalkan akses pasar bagi para pelaku usaha" ujar Dwi Andriani Sulistyowati, Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM, Kemenkop UKM.
Sementara, Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian mengatakan, saat ini kualitas industri kecil, menengah, dan aneka negeri terus meningkat ke arah yang baik, mulai dari inovasi, originalitas, hingga manfaat produk.
“Perkembangan positif ini perlu disinergikan dengan akses transaksi digital yang mudah di berbagai kanal, IKM harus dapat beradaptasi dengan teknologi dan cara pemasaran yang terus berkembang agar IKM dapat terus tumbuh dan berkembang dengan optimal," harap Gati Wibawaningsih.
Share To

galih
May 28, 2021, 7 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Sony Indonesia Hadirkan Kamera Sinema Digital Flagship VENICE 2
48 3 weeks, 4 days ago
VENICE 2 menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dengan 16 stop dari total latitude untuk menghasilkan gambar indah dengan pemisahan warna dan detail bayangan yang sangat baik.

Sony Luncurkan Dua Model Headphone Terbaru, WH-CH720N dan WH-CH520
47 2 weeks, 5 days ago
Sony memberikan pilihan headphone nirkabel on-ear atau over-ear yang dilengkapi dengan teknologi audio Sony yang telah dikenal secara luas.

Siap Rilis! Huawei Watch Buds Tawarkan inovasi TWS dalam Smartwatch
30 2 days, 12 hours ago
Huawei segera merilis Huawei Watch Buds di Indonesia pada 3 April 2023. Huawei Watch Buds inj merupakan perpaduan true wireless studio (TWS) dan smartwatch dalam satu perangkat.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 29 March 2023 12:00 p.m.
Tiket.com Jadi Mitra Penjualan Tiket Fanmeeting Kim Seon Ho Asia Tour In Jakarta
Life Style 29 March 2023 7:00 a.m.
Ini Daya Tarik Mitsubishi Colt L300 Laris Manis di Indonesia
Entertainment 14 March 2023 10:00 a.m.
Musisi Yovie Widianto Siap Sapa Penggemar Di Konser Spesial ‘Billion Songs Confest’
Life Style 6 March 2023 16:00 p.m.