
TikTok Bagikan Tips Raih Peluang di Industri Kecantikan
oleh: galih Shopping Wednesday, 31 August 2022 12:00 p.m.
Mancode - Menutup kampanye hyperlocal TikTok #SerunyaIndonesia, TikTok meluncurkan TikTok Beauty Brand Playbook. Program ini membantu brand kecantikan lokal dengan cara membagikan wawasan, tips, hingga inspirasi kepada brand kecantikan.
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan di tengah pandemi, tepatnya sebesar 5,59% pada 2020 dan diperkirakan akan terus meningkat.
Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia mengatakan, TikTok menghadirkan peluang bagi brand kecantikan lokal untuk memanfaatkan pesatnya perkembangan kategori kecantikan, terutama di era di mana konten informatif yang digabungkan dengan konten hiburan dapat mempengaruhi keputusan membeli seseorang.
"Beauty Brand Playbook dari TikTok mengangkat pengalaman brand-brand kecantikan lokal yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan cara kreatif dan menghibur di TikTok. Kami harap panduan ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi brand kecantikan lokal segala skala untuk dapat terus berkembang dengan lebih maksimal bersama TikTok," ungkap Sitaresti Astarini baru-baru ini.
Tips Raih Peluang Industri Kecantikan
Kesuksesan brand lokal seperti Wardah dan Azarine, serta sejumlah brand lainnya, ikut disorot di TikTok Beauty Brand Playbook, terutama bagaimana pendekatan dan adaptasi yang mereka lakukan untuk dapat mengembangkan bisnisnya.
Adaptasi ini berkaitan dengan kelihaian membaca keinginan dan kebutuhan konsumen dengan menjadi brand yang tetap relevan, sekaligus menggunakan pendekatan omnichannel sebagai strategi distribusinya. Pendekatan ini nantinya menitikberatkan strategi utama pemasaran dan distribusi secara online, dan tetap menyeimbangkannya dengan pendekatan offline.
Dalam melakukan adaptasi, brand juga perlu memperhatikan tren yang sedang terjadi. TikTok Beauty Brand Playbook ikut merangkum sejumlah tren seputar industri kecantikan yang bisa dimanfaatkan oleh brand lokal, misalnya tren produk halal, Hallyu Wave atau kepopuleran budaya Korea, inklusivitas untuk semua gender, serta kolaborasi, baik dengan sesama brand ataupun kreator konten.
Di TikTok, berbagai tips praktis tersebut tentunya perlu dibalut dengan konsep shoppertainment, yakni konsep yang mendahulukan elemen konten yang menghibur agar pengguna bisa lebih tertarik untuk mencoba brand serta produk tersebut dan berbelanja.
"Dengan semakin banyaknya brand kecantikan lokal, tantangan berikutnya adalah bagaimana memastikan konsumen tetap loyal. Strategi yang always on dengan solusi periklanan yang tepat, menghadirkan konten yang sesuai dengan value mereka dan menghibur, serta memudahkan pengalaman belanja tanpa perlu berpindah platform, diharapkan bisa bantu brand memenangkan hati komunitas TikTok," kata Sitaresti.
Share To

galih
Aug. 31, 2022, noon
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Rare Beauty by Selena Gomez Gandeng Sephora Jadi Mitra Ritel Eksklusif di Indonesia
31 1 week, 4 days ago
Sephora menjadi mitra ritel eksklusif Rare Beauty by Selena Gomez di Indonesia untuk gerai dan online.

Dream Theater Tutup Rangkaian Tur “Top of The World Tour” di Indonesia
282 3 weeks, 4 days ago
Grup musik Dream Theater kembali menggelar konsernya pada tanggal 12 Mei 2023 di Ecopark Ancol, Jakarta.

Festival Musik MyFest.ID Siap Hibur Warga Cimahi 1 Juli 2023
95 4 weeks, 1 day ago
Make Things selaku penyelenggara ingin memberikan alternatif pilihan hiburan dan meluangkan waktu melepas penat saat akhir pekan.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 30 May 2023 8:00 a.m.
PSSI Umumkan Harga Tiket Laga Timnas Indonesia vs Argentina
Technology 26 May 2023 10:00 a.m.
MSI Raih Best Choice Golden & Category Awards COMPUTEX 2023
Technology 20 May 2023 11:00 a.m.
Infinix Gandeng ONIC eSports Jadi Official Gaming Smartphone Partner
Technology 8 May 2023 23:00 p.m.