Materi Pemasaran Digital TikTok.jpg

TikTok Bagikan Materi Edukasi Pemasaran Digital Gratis untuk UKM

oleh: galih Technology Tuesday, 3 August 2021 8:00 a.m.


Mancode – Di era digital saat ini, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) harus melek pemasaran digital. Cara ini dinilai sangat efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas terhadap produk yang ditawarkan. Sayangnya, sebagian pelaku UKM belum memahami secara mendalam tentang pemasaran digital, terutama lewat sejumlah platform digital yang sudah eksis.

Untuk mengedukasi sekaligus mendorong para UKM memanfaatkan pemasaran digital, TikTok belum lama ini menggelar kelas online #MajuBarengTikTok yang diikuti lebih dari 12.000 pelaku UKM di Indonesia. Di kelas ini, para pelaku UKM diberikan edukasi tentang pemasaran digital.

Sebagai kelanjutan dari program #MajuBarengTikTok, TikTok memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis lainnya untuk mengakses semua materi dengan mengunjungi dan mendaftarkan diri di situs MajuBarengTikTok.com.


Materi pemberdayaan #MajuBarengTikTok tersebut terbagi ke dalam rangkaian topik yang secara holistik merangkum proses digitalisasi pengembangan bisnis online. Topik-topik tersebut antara lain Pengenalan ke Bisnis Online dan Toko Online, Media Sosial dan Platform Digital, Strategi Digital Marketing, Praktik Terbaik Konten Kreatif, Pengenalan TikTok untuk UKM, Pembuatan Konten Kreatif, hingga langkah dan tips untuk mulai beriklan di TikTok.

Berbagai topik tersebut disampaikan oleh pemateri yang merupakan para ahli di bidang pemasaran, yang dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta.

Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia menyampaikan bahwa pendampingan berkala pada UKM merupakan hal penting untuk mendukung mereka bisa go digital. "Semenjak peluncuran solusi bisnis melalui TikTok for Business tahun lalu, kami melihat ada banyak UKM yang tumbuh di TikTok. Mereka terhubung dengan komunitas TikTok dengan menyampaikan kisah brand (storytelling) secara yang autentik,” ujar Pandu.

“Oleh karena itu, program #MajuBarengTikTok ini kami persembahkan agar fitur dan layanan untuk para pelaku bisnis bisa dimanfaatkan secara efektif, sehingga mereka dapat menjangkau pasar dengan lebih luas lagi”.

Pipit Indriani, pemilik bisnis Juragan Seuhah, yang mengikuti kelas Maju Bareng TikTok mengaku bahwa fitur materi yang disajikan telah memberikan banyak inspirasi di bidang digital marketing.

"Program ini luar biasa membuka wawasan saya tentang pentingnya digital marketing di era pandemi seperti sekarang. Pemateri yang hadir juga luar biasa, materi mudah dipahami, overall keren!," kata Pipit.

Program #MajuBarengTikTok yang telah terselenggara pada 3 hingga 29 Juni 2021 ini telah diikuti oleh peserta UKM yang berasal dari 34 provinsi berbeda di Indonesia. Latar belakang mereka beragam, mulai dari pebisnis kuliner, fashion, pelaku usaha bidang pendidikan dan agribisnis.

Dari 10 kelas yang berbeda, topik mengenai pengenalan TikTok dan TikTok untuk UKM menjadi kelas yang paling banyak diminati, karena memberikan tips yang aplikatif untuk mereka bisa menjangkau konsumen di TikTok.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Kreatif untuk Promosi Digital UKM

Baca Juga: TikTok Dorong UKM Melek Digital Lewat Pelatihan

Baca Juga: Sabtu Belanja Lokal, Cara TikTok Bantu Tingkatkan Omzet UKM




Share To


galih

galih

Aug. 3, 2021, 8 a.m.


tags : Program #MajuBarengTikTok Edukasi Pemasaran Digital Technology UKM Pemasaran Digital UKM UKM Go Digital


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 17 September 2021 12:00 p.m.

Sivia Azizah Rilis Mini Album “CAMELLIA”

Life Style 15 September 2021 17:00 p.m.

Cara Atasi Maskne, Fenomena Muncul Jerawat Akibat Masker

Life Style 1 September 2021 15:00 p.m.

Pria Asal Malaysia Nekad Talak Istri Karena Vaksin