Tiket.com dan Kemenparekraf Beri Apresiasi Pelaku Usaha di Jaringan Desa Wisata.jpg

Tiket.com dan Kemenparekraf Beri Apresiasi Pelaku Usaha di Jaringan Desa Wisata

oleh: rachli Travel Saturday, 29 October 2022 9:00 a.m.


Mancode - Tiket.com bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pada awal Agustus lalu menghadirkan program Jagoan Pariwisata. Lewat program ini keduanya memberikan penghargaan untuk mengapresiasi prestasi dan ide cemerlang para jagoan yang terpilih dari empat kategori.

Empat kategori tersebut adalah Best Homestay diberikan kepada Saung Eling, Desa Mulyaharja, Best Souvenir & Culinary diberikan kepada Keripik Sayur, Desa Dewi Sambi, Best Tourist Attraction diberikan kepada Jip Wisata Shive Pletau, Desa Dewi Sambi, dan Best Digital & Creative diberikan kepada Milenial Kaki Langit, Desa Kaki Langit

Sebelumnya, tercatat total dari 46 unit bisnis wisata yang terdiri dari 112 peserta di tiga desa JADESTA (Jaringan Desa Wisata), yaitu Desa Mulyaharja, Desa Kaki Langit, dan Desa Dewi Sambi, turut ambil bagian dalam sesi lokakarya edukatif dan pendampingan berkelanjutan untuk dapat memenangkan kompetisi mewujudkan ide konsep bisnis yang dipresentasikan di hadapan juri.


Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pentingnya kolaborasi strategis guna hadirkan solusi terbaik bagi desa wisata. Kemenparekraf mengapresiasi atas kolaborasi pentahelix untuk menginovasikan dan memberikan terobosan jajaran program yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Jagoan Pariwisata merupakan inisiatif berwujud kompetisi dan lokakarya edukatif. Kedepannya, strategi pengembangan pariwisata mengarah pada quality over quantity dan suitability, pilar pengembangan pariwisata yang akan berdampak pada ekonomi penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal,” katanya belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Gaery Undarsa selaku Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com. Pihaknya menyoroti dampak positif edukasi yang diberikan bagi pergerakan ekonomi pariwisata di Indonesia.

“Kami ucapkan selamat kepada para Jagoan Pariwisata. Sebagai OTA pertama di Indonesia, kami melihat bahwa pengembangan keterampilan sebagai salah satu kunci pokok untuk berdaya saing dalam industri pariwisata dan dunia kreatif,” ucapnya.

Tujuan program ini telah tercapai, di mana edukasi berbagi pengetahuan dan pendampingan dalam pengelolaan produk wisata, sehingga penggiat dan pengusaha pariwisata di JADESTA memiliki bekal skillset yang mumpuni untuk dapat menjadi relevan atas kebutuhan pasar hingga dapat meningkatkan angka kunjungan dan transaksi ke desa wisata masing-masing.

“Sinergi ini perlu terus dibangun dan diperkokoh agar industri pariwisata Indonesia segera pulih setelah terdampak karena pandemi Covid-19,” katanya.

Untuk diketahui, konsep program Jagoan Pariwisata adalah penyediaan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan komprehensif oleh para karyawan tiket.com yang juga didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra penyelenggara program ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan demi memajukan pariwisata di desa masing-masing.

Program Jagoan Pariwisata tidak hanya mengedukasi para pebisnis di desa wisata terpilih, tetapi juga dapat memberikan pengalaman pertama kalinya untuk pelaku usaha akomodasi dan atraksi dari desa wisata untuk bergabung dalam platform tiket.com, sehingga dapat mendigitalisasikan usaha mereka dan memanfaatkan jaringan luas tiket.com.

Baca Juga: Menparekraf Resmikan Animation & Film Factory Terbesar di Indonesia

Baca Juga: Hotel Santika Premiere Bintaro Hadirkan Fasilitas Sepeda Gratis

Baca Juga: Integrasi Blibli dan tiket.com Jadi Sinergi Perdana E-Commerce dan OTA




Share To


rachli

rachli

Oct. 29, 2022, 9 a.m.


tags : Tiket.com Jagoan Pariwisata Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno Desa Wisata


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE