Stop-Animal-Abuse.jpg

Tiga Musisi Tanah Air X Animal Friends Jogja Serukan Peduli Hewan

oleh: inggil Life Style Wednesday, 17 June 2020 16:00 p.m.


Mancode - Pada 13 Juni 2020 tiga musisi kenamaan negeri ini yaitu Melanie Subono, Oppie Andaresta dan Sisir Tanah menunjukkan kepeduliannya untuk satwa-satwa terlantar di rumah singgah dan jalanan yang saat ini terdampak pandemi COVID-19 dengan tampil di ‘Dari Kawan Untuk Kewan 2’. Sebuah acara livestream yang menyuguhkan pertunjukan musik akustik dan sesi sharing tentang kesehatan hewan bersama Drh. Merry dari Jakarta Animal Aid Network.

Malam akustik ini diselenggarakan oleh LSM Kesejahteraan Satwa Animal Friends Jogja (AFJ) dan komunitas Peduli Kucing Pasar (PKP). Pertunjukan musik akustik dengan para musisi yang tampil live dari kediaman masing-masing ini disiarkan langsung melalui platform Live Streaming YouTube bekerja sama dengan Hookspace sebagai media partner.

Melanie-Subono.jpg

Acara ‘Dari Kawan Untuk Kewan 2’ adalah event khas yang digagas oleh Animal Friends Jogja untuk menggalang dana ke satwa ketika bencana. Acara ini pertama kali dilakukan pada 2018, saat menggalang dana bagi satwa yang terkena dampak bencana gempa Lombok. Dua tahun berselang, acara kepedulian untuk satwa ini dilaksanakan pada 2020, yang bertujuan membantu satwa jalanan yang terdampak pandemi COVID-19. Menggandeng komunitas Peduli Kucing Pasar yang telah bekerja sama dengan Animal Friends Jogja sejak 2015 dalam melakukan street feeding, monitoring dan sterilisasi kucing-kucing liar di puluhan pasar di Yogyakarta.

Baca Juga: 10 Tanda Kucing yang Depresi

“Pandemi COVID-19, mempengaruhi hampir semua lini masyarakat. Namun, di balik situasi krisis ini ada kelompok yang terabaikan dari perhatian masyarakat yaitu para hewan yang dibuang dan terlantar di pasar tradisional, di jalan dan bahkan di depan gerbang rumah singgah kami. Menurut data yang kami kumpulkan, jumlah kasus penelantaran satwa yang kami tangani meningkat 66.67% dari 3 bulan sebelum kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya satwa berkebutuhan khusus di rumah singgah AFJ yang memerlukan suplai menerus dan perawatan medis yang intensif, keamanan mereka pasti akan terdampak besar di situasi pandemi ini,” ujar Anggodaka, Manajer Komunikasi Animal Friends Jogja, dari pers rilis yang diterima Mancode.

Animal-Friends-Jogja.jpg

Melalui acara konser amal #DiRumahAja ‘Dari Kawan Untuk Kewan 2’ ini AFJ berharap dapat menggalang dukungan untuk membantu satwa yang membutuhkan di situasi yang tidak menentu ini dan mengingatkan kembali kepada masyarakat agar tidak melupakan para hewan tidak beruntung yang juga terdampak pandemi. Seluruh hasil penjualan tiket malam akustik ini akan didonasikan untuk kegiatan Sterilisasi dan perawatan satwa terlantar di rumah singgah Animal Friends Jogja dan Street Feeding oleh Peduli Kucing Pasar.

Sebagai informasi tambahan Animal Friends Jogja terbentuk pada 2010 sebagai kelompok kecil masyarakat peduli satwa yang tergerak oleh keprihatinan akan maraknya kekerasan pada satwa dan berusaha untuk meningkatkan kesadaran tentang kewelasasihan melalui program edukasi anak dari kampung ke kampung. Namun, tahun tersebut bertepatan dengan meletusnya Gunung Merapi yang membuat AFJ terpanggil untuk membentuk tim penyelamatan bagi satwa-satwa yang terdampak letusan.

Tanda-Kucing-Depresi.jpg

Hingga kini AFJ telah berhasil mengadopsikan lebih dari 170 satwa yang menjadi korban berbagai kasus kekerasan maupun penelantaran, mengedukasi setidaknya 7.000 anak-anak usia TK hingga perguruan tinggi, mensterilisasi lebih dari 5.000 kucing dan anjing jalanan maupun terdamping. AFJ saat ini merawat lebih dari 290 anjing dan kucing yang menanti teradopsi.

Baca Juga: Melalui Musik, Cara Melanie Subono Berkomunikasi

Baca Juga: Ini Kafe di Malang untuk Pecinta Hewan Peliharaan Lucu


Share To


inggil

inggil

June 17, 2020, 4 p.m.


tags : Animal Friends Jogja Animal Abuse Peduli Hewan Melanie Subono AFJ


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”

Entertainment 29 September 2020 7:00 a.m.

16 Tahun Berkarya, Kotak Rilis Album “Identitas”

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live