Konten TikTok.jpg

Tiga Inspirasi Konten Cerita Pendek di TikTok

oleh: galih Technology Tuesday, 23 March 2021 10:00 a.m.


Mancode – Platform video singkat, TikTok seolah menjadi rumah para kreator mengekspresikan kreativitasnya dalam membuat konten cerita pendek atau storytelling. Membuat konten cerita pendek diperlukan konsep yang matang dan pandai memanfaatkan fitur dalam TikTok. Setidaknya, cerita pendek memenuhi unsur POV (point of view) dari karakter utama, pencampuran shot length, narasi yang runut (pembuka-klimaks-penutup), dan kadang dilengkapi dengan musik latar yang membangun emosi.

Dengan memenuhi unsur tersebut, diyakini konten cerita pendek yang dibuat akan menjadi pusat perhatian, bahkan viral. Di TikTok sendiri, sudah ada banyak kreator yang membuat cerita pendek dengan konsep dan alur cerita yang menarik.

"Sebagai rumah dari kreativitas, TikTok senang sekali melihat bagaimana platform ini dimanfaatkan kreator untuk mengembangkan bakat dan aspirasinya, termasuk untuk mengeksplor visual storytelling," kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.


"Kami pun akan terus mengembangkan teknologi dan merilis project yang dapat mendorong kreativitas pengguna dalam cerita pendek format vertical,” lanjutnya.

Bagi Mancoders yang ingin mulai membuat konten visual storytelling, TikTok memberikan tiga inspirasi kreator yang bisa menjadi inspirasi. Siapa saja mereka?

1. Memanfaatkan efek di TikTok untuk membangun cerita

Video kreator @janineintasari ini sempat viral di berbagai platform digital, hingga menjadikan kreator beauty ini sebagai salah satu Rising Creator di TikTok pada akhir tahun lalu. Di video ini, Janine memanfaatkan kemampuan make-up-nya untuk membuat cerita bagaimana seorang gadis periang yang lugu diculik, dan dijadikan boneka hidup.

Meskipun tanpa dialog, efek makeup yang dihasilkan Janine, serta musik latar yang mencekam, berhasil membuat penonton merinding melihat video ini.

2. Mengangkat cerita relatable yang dibalut dengan kreativitas

Selama pandemi, ujian di sekolah pun dilakukan secara online. Video karya @aldogiustano ini mengambil adegan ujian online dan bagaimana usaha contek mencontek tetap dilakukan secara manual, tentunya dengan kreativitas editing Aldo.

Penonton pun ikut terbawa deg-degan saat kertas contekan itu sampai ke layar pak guru pengawas ujian. Video seru ini menuai pujian dari kreator ternama Zach King yang merupakan idola Aldo.

3. Menggunakan fitur Duet untuk mengasah kemampuan akting

Buat Mancoders yang ingin jadi aktor film, kamu bisa merespons ajakan challenge Duet dari kreator lainnya yang menantang pengguna untuk beradu akting. Seperti yang dilakukan oleh kreator @yasminjml yang gemar menjawab Duet acting challenge dari Chris Barnett, aktor luar negeri yang aktif membuat konten akting di TikTok.

Melalui akunnya, Yasmin menunjukkan bakat aktingnya dengan memainkan berbagai peran, seperti kembang desa asal Amerika, hingga penyihir di dunia dongeng. Coba yuk! Siapa tahu bakat akting Mancoders bisa dilirik oleh sutradara film terkenal.

Baca Juga: Juara Galaxy Movie Studio 2021 Garap Film Pendek Bareng Sutradara Kawakan

Baca Juga: TikTok Prediksi Tren Konten Selama Ramadan 2021

Baca Juga: Ide Aktivitas Seru saat Weekend di Rumah Bersama Galaxy M02




Share To


galih

galih

March 23, 2021, 10 a.m.


tags : Cerita Pendek TikTok Inspirasi Video TikTok Technology TikTok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Shopping 24 September 2021 10:00 a.m.

Blibli Gelar Mom & Kids Fair, Ada Diskon Hingga 80 Persen

Entertainment 20 September 2021 9:00 a.m.

Ternyata Butuh Waktu Satu Dekade Garap Squid Game

Entertainment 17 September 2021 8:00 a.m.

“Tak Mau Sendiri”, Mars Para Jomblo Buatan Kaleb J

Life Style 16 September 2021 8:00 a.m.

Honda Jakarta Center Gelar Pameran “Virtual Expo Honda”