Bang-Joon-Hyuk-Pendiri-Netmarble.jpg

Tidak Lulus SMA, Bang Jun-Hyuk Sukses Dirikan Netmarble

oleh: inggil History Monday, 4 November 2019 11:00 a.m.


Bagi penggila game mobile pasti sudah tidak asing lagi dengan Netmarble. Sebuah perusahaan mobile-gaming terbesar di Korea Selatan. Salah satu produk keluarannya yang menyita perhatian para gamers sendiri ialah Marvel Future Fight, yang termasuk dalam salah satu daftar aplikasi paling sering diunduh.

Di balik kesuksesan Netmarble seperti sekarang ini, tentu harus diketahui pula sang pendirinya, yakni Bang Jun Hyuk. Sukses sebagai salah satu pendiri game online dan masuk dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan, siapa sangka sosoknya sendiri tidak lulus SMA!

Netmarble-Marvel-Future-Fight.jpg

Berbeda dari para pendiri perusahaan gaming lainnya yang memiliki beragam gelar dari universitas bergengsi, Bang Jun Hyuk justru tidak pernah kuliah. Bahkan kehidupan masa kecilnya, sangatlah memprihatinkan. Tumbuh di daerah terpencil di Seoul, dirinya harus melewati masa kecil yang miskin. Bahkan, dirinya pun tidak bisa menamatkan pendidikan SMA karena adanya berbagai sistem.

Baca Juga: Sandi Octa Susila, Sang Petani Milenial yang Sukses

“Saya keluar karena ingin belajar lebih dalam tentang hal-hal yang saya minati,” ujar Bang Jun Hyuk seperti yang dilansir dari Forbes.

Setelah putus dari sekolahnya, Bang Jun Hyuk kemudian mengembangkan minatnya pada dunia film. Tekun dalam bidang tersebut, ia pun berhasil membuat sebuah usaha layanan film online pada 1990-an. Namun, dikarenakan sistem internet kala itu sangat lambat, membuatnya terpaksa mengalihkan bisnis tersebut setelah hanya berjalan dua tahun.

Hingga pada 1997, Bang Jun Hyuk pun mulai melihat peluang di dunia game. Kebetulan, saat itu game online mulai berkembang seiring dengan peningkatan besar-besaran infrastruktur untuk menunjang koneksi internet Korea Selatan. Terlebih, saat itu Korea sedang mengalami krisis keuangan, sehingga mulai fokus membangun teknologi informasi.

Bang-Joon-Hyuk-Netmarble.jpg

Bermodal US$88 ribu, Bang Jun Hyuk pun memulai usaha game-nya. Awalnya, ia hanya mempunyai delapan karyawan untuk membantu inovasi serta pembuatan game. Hingga pada 2000, ia pun memulai Netmarble dengan fokus melayani wanita dan remaja dengan permainan jenis kasual.

Baca Juga: Inspirasi dari Rex Marindo, Pendiri Warunk Upnormal

Tiga tahun berselang tepatnya pada 2003, dia pun bekerja sama dengan perusahaan film, Planus Entertaiment. Isi kerja sama tersebut termasuk berisiko, yang mana jika Netmarble tidak dapat menuai laba bersih US$4,4 juta pada akhir tahun, maka Bang Jun Hyuk akan menyerahkan 49% saham Netmarble. Sebaliknya, jika Netmarble berhasil, Planus akan memberikan 30% dari keuntungan kepada Netmarble.

Siapa sangka, berkat kerja keras dari Bang Jun Hyuk, Netmarble berhasil meraup laba bersih jauh di atas ketentuan yang dijanjikan. Mereka berhasil meraih laba bersih hingga US$14 juta atau sekitar Rp19 triliun. Planus pun memberikan keuntungannya, bahkan tidak lama setelah itu Netmarble justru membeli Planus.

Bang-Joon-Hyuk.jpg

Kesuksesan Netmarble dalam bisnis di dunia game mobile, membuat Chris DeWolfe, salah satu pendiri MySpace mengajak perjanjian kerja sama. Kala itu, Netmarble berhasil mendapatkan kuncuran dana investasi hingga US$130 juta.

Puncak keberhasilan Bang Jun Hyuk datang pada 2017, dia mendaftarkan Netmarble untuk melantai di Bursa Efek Korea. Modal yang ia kumpulkan akan digunakan untuk berinvestasi di perusahaan game seluler, terutama yang melayani pasar Amerika Serikat serta memasukkan genre game kasino, kasual, dan sosial. Akhirnya pada Mei 2017, dia berhasil mengumpulkan US$2,4 miliar dan menjadi listing saham terbesar Korea Selatan.

Kini, pria yang tidak lulus SMA itu menjadi orang terkaya ke-13 di Korea Selatan dalam daftar Forbes. Bang Jun Hyuk mempunyai kekayaan mencapai US$1,6 miliar.

Baca Juga: Jack Ma Pendiri Alibaba Resmi Pensiun!


Share To


inggil

inggil

Nov. 4, 2019, 11 a.m.


tags : Pendiri Netmarble Game Android Marvel Future Fight Game Mobile bang jun hyuk Netmarble


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita