The Jansen.jpg

The Jansen Rilis Album “Banal Semakin Binal” dalam Format Kaset

oleh: galih Entertainment Monday, 9 May 2022 11:00 a.m.


Mancode - Setelah merilis serangkaian single beberapa waktu lalu, The Jansen kini menghentak kembali dengan rilisan album penuh bertajuk “Banal Semakin Binal”. Album tersebut dirilis secara mandiri dalam format kaset.

Album “Banal Semakin Binal” yang berisikan 12 lagu ini menjadi momen titik balik The Jansen dalam kompas musikalitasnya. Berbeda dengan beberapa rilisan mereka sebelumnya, di album ini mereka bermain lebih ‘santai’ dan cenderung mengimani teknik permainan ala punk rock atau powerpop Inggris era 70-an dengan lebih khidmat.

Tentunya, hal tersebut menjadi sebuah diferensiasi yang menarik bagi eksistensi The Jansen di belantika musik arus pinggir Indonesia, mengingat kuantitas grup musik yang memainkan musik macam itu tak terlalu signifikan jumlahnya hari ini.


The Jansen-1.jpg

Selain aspek pengembangan dari segi musik, album tersebut pun menjadi bentuk keteguhan hati The Jansen yang dipatri dengan sadar bahwa mereka memang ingin bernyanyi secara keseluruhan menggunakan lirik bahasa Indonesia.

“Sebenernya dari awal kebentuk tuh pengennya kayak gini. Bawain musik kayak Shonen Knife atau Ramones, tapi liriknya full bahasa Indonesia,” tutur Adji Pamungkas, bassist The Jansen sekaligus penulis lirik tunggal dalam album "Banal Semakin Binal".

Adji pun memiliki deskripsinya sendiri tentang album terbaru The Jansen ini, di mana seluruh track-nya berikatan. Liriknya komunikatif karena menggunakan bahasa sehari-hari. “Enggak elegan, enggak sok keren tapi dirasa tepat untuk menggambarkan kehidupan era modern dengan kemajuan teknologi dan percepatan informasi yang dirasa semakin anjing berasa tekanan hidupnya,” tambah Adji.

Album Banal Semakin Binal dari The Jansen akan dirilis dalam waktu dekat secara mandiri dalam format kaset dan kelak akan dirilis ulang dalam bentuk CD juga digital oleh Demajors.

Sebelumnya, The Jansen, unit punk rock asal Bogor ini telah merilis beberapa karya dari 2015 seperti macam From Bogor To Japan EP (2016). Kemudian, ada single Alienasi (2017), album penuh perdana mereka Present Continuous (2017) dan terakhir album Say Say Say (2019) yang sempat dirilis oleh sebuah label asal Amerika Serikat, Crasslips Records.

Baca Juga: Uchy Amyrtha Rilis Single ‘Mohon Ampun’, Persembahan Spesial di Bulan Ramadan

Baca Juga: Bersama Laleilmanino, HIVI! Turut Suarakan Hari Bumi Lewat ‘Dengar Alam Bernyanyi’

Baca Juga: Synchronize Fest Siap Digelar Offline Oktober 2022




Share To


galih

galih

May 9, 2022, 11 a.m.


tags : Entertainment The Jansen Album “Banal Semakin Binal” Album Terbaru The Jansen


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE