Covid-19.jpg

Menparekraf Respon Perkembangan Covid-19

oleh: rachli Travel Tuesday, 3 March 2020 12:00 p.m.


Mancode - Penyebaran virus corona atau Covid-19 di awal tahun 2020 ini semakin meluas. Belum lama ini, pemerintah Indonesia secara resmi mengklaim dua warganya positif mengidap Covid-19. Hal itu seperti yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait sektor pariwisata soal kondisi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, penerapan kebijakan stimulus sektor pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara (wisman) baru akan dilakukan hingga wabah ini mereda dan situasi kembali kondusif.

Baca Juga: Ajang Geopark Run Series 2020 Kejar Pengakuan UNESCO

Dalam pernyataan resmi yang diterima Mancode (2/3/2020), Menparekraf Wishnutama menyampaikan, hal terpenting dalam kondisi seperti saat ini adalah mengutamakan penanganan dan antisipasi agar tidak semakin meluas.

“Kami lebih memfokuskan program pada penanganan wisman yang masuk ke destinasi wisata Indonesia saat dimulainya periode penyebaran virus yang dimaksud, menambah peningkatakan kualitas destinasi pariwisata melalui environment sustainability, health and hygiene, dan safety and security,” ujarnya.

Baca Juga: Gelaran JJF 2020 Jadi Tanda Indonesia Aman Dikunjungi

Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, saat ini pemerintah telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang memiliki standarisasi sesuai kriteria yang diterapkan di dunia internasional. Selain itu, ada anggaran khusus yang diprioritaskan untuk kasus tersebut.

Selain penanganan dan pencegahan Covid-19, Menparekraf Wishnutama juga menyadari betapa pentingnya bagi pemerintah untuk menjaga keberlangsungan perekonomian Tanah Air. Insentif yang ditujukan untuk pelaku pariwisata Tanah Air masih berjalan dan akan terus dipantau.

Baca Juga: Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

“Pemerintah juga memastikan kasus Covid-19 ini benar-benar sudah dipersiapkan penanganannya, misalnya rumah sakit. Lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan ruang isolasi mengenai Covid-19 dengan standar isolasi yang baik,” sambung Menparekraf Wishnutama.

Menparekraf Wishnutama juga menyampaikan imbauan agar wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi pariwisata senantiasa memperhatikan aspek kesehatan dirinya. Seperti halnya menjaga kebersihan, hingga mengindahkan arahan dari pemerintah setempat.


Share To


rachli

rachli

March 3, 2020, 12:34 p.m.


tags : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif wisatawan mancanegara Sektor Pariwisata destinasi wisata Indonesia Covid-19 Presiden Joko Widodo Jokowi Menparekraf Wishnutama


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun