Trofi MotoGP Mandalika.jpg

Terinspirasi Obor, Begini Wujud Trofi MotoGP Mandalika 2022

oleh: galih Life Style Friday, 18 March 2022 9:00 a.m.


Mancode - Indonesia Tourism Development Corporation menunjuk Tuksedo Studio untuk merancang dan memproduksi piala untuk ajang turisme otomotif besar, yakni Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau yang biasa disebut sebagai MotoGP Mandalika.

Tuksedo Studio sendiri dikenal sebagai spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade sendiri. Desainer Tuksedo Studio mengambil inspirasi dari “Obor” yang melambangkan menyalanya api kompetisi yang balap panas.

“Api itu sendiri juga selanjutnya menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia, terutama pada sektor turisme yang terdampak oleh pandemi dewasa ini, dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga agar api dari “obor” ini tidak pernah padam,” tulis Tuksedo Studio dalam keterangan resminya.


Trofi MotoGP Mandalika-1.jpg

Berbentuk obor yang digunakan untuk estafet seperti pada ajang olimpiade, Tuksedo Studio berharap agar piala yang melambangkan semangat dan kebangkitan Indonesia yang diawali di Mandalika ini dapat diteruskan estafetnya secara berkelanjutan. Ini sebagai bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu mengadakan event berskala internasional hanya sekali dua kali, tapi juga sebagai negara yang memiliki kemampuan artistik dan produksi tahap dunia secara terus menerus.

Untuk material piala kelas MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asian Cup Talent, berbahan dasar aluminium. Material ini umum digunakan kendaraan, karena sifatnya yang ringan dan memiliki kekuatan yang tepat untuk menopang kecepatannya. “Bahan tersebut sebagai lambang dari ajang balap yang pemenangnya ditentukan oleh kecepatan pengendara serta performa kendaraannya,” papar Tuksedo Studio.

Adapun corak motif lokal yang terdapat pada piala turut melengkapi pola siluet sirkuit yang mendasari desain piala. Ini secara umum sebagai ajang Moto GP yang diselenggarakan di Mandalika

“Kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada Tuksedo Studio untuk Dorna Motorsport dan sebagai desainer piala pada dua ajang balap internasional pertama di sirkuit Mandalika ini merupakan sebuah bukti jika Indonesia tidak hanya mampu dalam mengadakan sebuah ajang berskala dunia namun juga fakta bahwa para seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri sebuah karya seni berkelas dunia,” tutup Tuksedo Studio.

Baca Juga: BNI Mandalika Music Vibes Bakal Meriahkan MotoGP Indonesia

Baca Juga: Kenalkan Kuliner Nusantara, Kemenparekraf Kirim Food Truck Ke Ajang MotoGP Mandalika

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak 17 Komunitas Motor PWOI Sukseskan MotoGP 2022




Share To


galih

galih

March 18, 2022, 9 a.m.


tags : MotoGP MotoGP Indonesia MotoGP Mandalika Mandalika Trofi MotoGP Mandalika Life Style Pertamina Mandalika International Street Circuit


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE