Dolby.jpg

Teknologi Dolby Atmos Kian Digemari

oleh: fachrul Technology Tuesday, 20 August 2019 12:00 p.m.


Gundala adalah film pertama yang menggunakan tata suara Dolby Atmos di Indonesia. Berdiri sejak 1994, Kantana Sound Studio menjadi pionir studio dengan sistem Dolby Atmos di Asia Tenggara pada tahun 2013. Kantana Sound Studio juga memiliki sertifikat Dolby Laboratories Inc. pertama di Asia.

Teknologi Dolby Atmos sendiri diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada 2012, di mana film Brave menjadi film perdana yang menggunakan teknologi tersebut. Di Indonesia sendiri, teknologi surround sound Dolby Atmos baru pertama kali diperkenalkan di Cinema 21.

Apa itu Dolby Atmos?

Dolby Atmos adalah teknologi surround sound yang membawakan pengalaman sinematik 3D untuk Anda. Teknologi ini pertama kali digunakan di bioskop dan semakin sering tersedia di TV dan perangkat hiburan di rumah.

Dolby Atmos merupakan teknologi virtual reality suara yang memaksimalkan penggunaan audio dalam penceritaan sebuah film. Teknologi ini juga memberikan kebebasan kepada para filmmaker untuk menempatkan atau memindahkan suara ke sudut mana pun di dalam gedung bioskop untuk menciptakan suasana seperti di kehidupan nyata.

Sumber audio yang diaktifkan Dolby Atmos tidak hanya berisi enam atau delapan saluran suara yang dikirim ke speaker Anda. Sebaliknya, suara dipetakan ke lokasi virtual dalam ruang 3D. Misalnya, suara mungkin dipetakan di atas Anda.

Data spasial ini dikirim ke penerima Dolby Atmos-enabled, yang menggunakan speaker yang dikalibrasi khusus untuk memposisikan suara-suara ini di area pendengaran Anda. Misalnya, posisi keras yang ditempatkan di atas kepala Anda dapat memantul ke langit-langit dengan pengeras suara yang menghadap ke atas. Beberapa sistem Dolby Atmos mungkin menggunakan pengeras suara yang dipasang di langit-langit, sebagai gantinya.

Ruangan yang dilengkapi dolby atmos umumnya menggunakan 64 speaker yang dihubungkan dengan atmos enabled amplifier yang memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan 128 jenis dan informasi suara secara individu ke 64 speaker yang terpasang di dalam ruangan. Jadi karena informasi (frekuensi) dan jenis suara (bass/ treble) disampaikan dengan individu maka efek suara yang agan terima di dalam ruangan atmos akan lebih realistis dibandingkan dengan sound 3d pada umumnya (surround).

Dengan kata lain, suara Dolby Atmos tidak hanya melibatkan beberapa saluran audio. Ini menggunakan penerima khusus dengan speaker khusus, dan audio yang dimainkan diposisikan dalam ruang 3D dan dikalibrasi dengan cermat sesuai dengan speaker dan akustik di kamar Mancoders.

Baca Juga: Facebook Kembangkan Asisten Suara Digital


Share To


fachrul

fachrul

Aug. 20, 2019, 12:33 p.m.


tags : Dolby Gundala Dolby Atmos Sound System


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia