Film-Joker.jpg

Tayang di Indonesia, Film Joker Raup Rp11,9 Miliar

oleh: rachli Entertainment Friday, 4 October 2019 17:00 p.m.


Belum lama ini, bioskop-bioskop Tanah Air diramaikan dengan film Joker. Film Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini tidak mengisahkan tentang pertarungan dengan Batman, namun menceritakan awal mula terbentuknya karakter Joker,

Di hari pertama penayangannya di Indonesia, film Joker mampu mendapatkan US$46 ribu atau setara dengan Rp11,9 miliar dari 1.197 layar yang menayangkan film ini. Perolehan ini mencakup 98 persen penonton lima film terlaris dan menjadi pembukaan kelima terbesar sepanjang masa Warner Bros di Indonesia.

Selain itu, film Joker juga berhasil memperoleh US$5,4 juta atau 43 pasar internasional dengan capaian tertinggi yang berasal dari Korea Selatan dengan US$2,3 juta. Capaian itu membuat film Joker menjadi film Warner Bros keempat dengan perolehan debut terbaik di negara tersebut.

Baca Juga: Mengintip Profil Joaquin Phoenix Pemeran Joker

Baca Juga: Mengenal Pseudobulbar, Penyakit Ketawa Ala joker

Film Joker juga mendulang US$170 ribu di Belgia yang sekaligus menjadi hari pembukaan terbesar Warner Bros dan debut terbesar di negara tersebut pada Oktober tahun ini. Mengutip CNN Indonesia dari Variety, di pasar internasional, film Joker di Rusia, Brasil, Italia, dan Australia pada 3 Oktober.

Sedangkan, di sejumlah negara lainnya, film Joker tayang pada 4 Oktober 2019, yaitu Spanyol, Inggris, Jepang, Meksiko, dan Amerika Utara.

Menuai Pro dan Kontra

Selain dari sisi omzet, film Joker garapan Todd Phillips ini cukup menuai pro dan kontra. Sejak tayang di festival Venice, banyak yang memuji namun banyak juga yang mengkritik karena dinilai terlalu mengglorifikasi aksi kejahatan massal dengan berdasarkan pengalaman masa lalu.

Tujuh tahun lalu, seorang pria melepaskan tembakan saat pemutaran sekuel film Batman, The Dark Knight Rises di kota Aurora, negara bagian Colorado. Peristiwa tersebut menyebabkan 12 orang tewas dan 70 orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca Juga: 5 Aktor yang Pernah Memerankan Joker

Terkait dengan peristiwa yang terjadi di Aurora, keluarga korban penembakan meminta agar bioskop-bioskop tidak memutar film Joker dan sejumlah pemilik bioskop di kota itu sepakat untuk tidak menayangkan film Joker.

Pihak keluarga korban melayangkan surat kepada Warner Brothers, produser film yang berada di balik pembuatan film itu. Mereka meminta perusahaan menyumbangkan dana kepada kelompok-kelompok yang membantu para korban kekerasan senjata.


Share To


rachli

rachli

Oct. 4, 2019, 5 p.m.


tags : Joker Batman The Dark Night Rises Film Joker Todd Philips Joaquin Phoenix


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Technology 3 December 2019 16:00 p.m.

Trend Micro Prediksi Keamanan Siber Tahun 2020

Travel 2 December 2019 15:00 p.m.

Menguak Suara Drumband Misterius di Jogja