image default

Taman Nasional Yankari, Lokasi Wisata Populer Nigeria

oleh: emil Travel Wednesday, 22 May 2019 13:00 p.m.


Benua Afrika memang jarang dilirik khayalak. Tapi di kalangan traveller, benua ini cukup populer. Sebab faktanya, Afrika memiliki berbagai tempat eksotis. Salah satu negara di benua Afrika yang kerap dikunjungi para traveller dunia adalah Afrika Selatan.

Bila mancoders saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengunjungi benua tersebut tapi tidak ingin ke Afrika Selatan, maka Nigeria dapat menjadi pilihannya. Karena di sini, ada Yankari National Park atau Taman Nasional Yankari yang populer di kalangan wisatawan pencinta alam.

Taman Nasional Yankari berlokasi di wilayah Negara Bagian Bauchi, Nigeria. Lokasi wisata ini memiliki luas sekira 2.244 kilometer persegi dan terkenal karena memiliki pemandangan alam layaknya gambaran savana liar di Afrika. Jadi tidak perlu ragu dengan kekayaan flora dan fauna yang ada di taman nasional ini.

Gambar: (Sumber: wcs.org)

Awalnya, taman nasional ini diperuntukkan untuk lokasi perburuan legal. Pada tahun 1934, terdapat rancangan memunculkan game reserve atau tempat hewan liar bisa berkembang dan nantinya ada sejumlah spesies yang boleh diburu. Langkah ini pun didukung oleh pejabat Nigeria yang terkesan dengan lokasi perburuan legal di Sudan, karena ini menjadi magnet wisatawan asing.

Kemudian pada tahun 1956, demi menjadikan lokasi ini sebagat tempat wisata di Nigeria, pihak Pemerintah Nigeria Utara memetakan sebuah lokasi di Provinsi Bauchi bernama Yankari. Lokasi ini terkenal sebagai tempat hewan-hewan liar berkembang biak secara alami. Pada tahun 1962, Yankari pun resmi dibuka untuk publik sebagai game reserve.

Gambar: (Sumber: guardian.ng)

Walau sempat menjadi lokasi perburuan legal, tampaknya Pemerintah Nigeria lebih tertarik untuk menjadikan Yankari sebagai lokasi konservasi. Sebab berdasarkan penjelasan di buku Understanding Tourism in Nigeria karya G.O Falade, pada tahun 1991 taman itu resmi menjadi Taman Nasional di bawah pengelolaan pemerintah nasional.

Banyak traveller dari Barat memilih berlibur Taman Nasional Yankari jika mereka ingin menikmati ecotourism, mengingat kalian bisa melihat ratusan jenis spesies hewan liar yang menjadikan taman nasional ini rumahnya. Dari mulai monyet patas, babon olive, gajah Afrika, singa Afrika Barat, kerbau Afrika, zebra, sampai buaya bisa ditemukan di sini. Bahkan Taman Nasional Yankari digadang-gadang sebagai lokasi dengan populasi gajah terbanyak yang ada di Afrika Barat.

Selain itu, yang membuat Taman Nasional Yankari sebagai lokasi wisata populer di Nigeria adalah karena keberadaan Wikki Warm Spring atau sumber mata air hangat Wikki. Mata air ini dihasilkan oleh aktivitas geotermal yang ada di bawah tanah taman nasional tersebut. Suhu airnya berada di temperatur 31 derajat celsius dan berada di danau indah dengan panjang 200 meter. Keindahan danaunya juga menjadi daya tarik para pelancong untuk berenang di sini.


Share To


emil

emil

May 22, 2019, 1:54 p.m.


tags : travel ke luar negeri wisata alam Travel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global