Festival-Takanakuy-Peru.jpg

Takanakuy: Festival Adu Jotos di Peru

oleh: inggil Travel Friday, 5 June 2020 10:00 a.m.


Mancode - Pada umumnya perayaan hari Natal dirayakan dengan bertukar kado dan kumpul kado. Hari yang penuh dengan kedamaian serta kebahagiaan bagi umat Nasrani di seluruh dunia. Namun, lain halnya di Peru. Di negara tersebut ada perayaan bernama Festival Takanakuy yang menjadi ajang tinju antar komunitas.

Dilansir dari BBC, ada kota kecil di bagian tenggara Peru, bernama Cusco. Lokasi ini dekat dengan situs warisan Dunia UNESCO, Machu Picchu. Kota kecil ini memiliki Festival Takanakuy yang berarti “Ketika darah mendidih” sesuai dengan kegiatan festivalnya yang berisi orang berantem hingga berlumuran darah. Baik sesama pria atau wanita mereka berdua akan berduel.

Peru-Festival-Takanakuy.jpg

Festival Takanakuy dimulai dari dua orang akan saling masuk ke dalam lapangan dengan tangan kosong. Mereka berdua akan mulai adu jotos dan gaya tarung bebas sampai berdarah. Meski bertarung dengan gaya bebas, tetap ada aturan yang harus ditaati. Tiap-tiap pemain dilarang untuk menggigit, menjambak, memukul lawan saat jatuh, dan ada wasit yang mengawal pertarungan. Pemenang akan ditentukan ketika sudah ada pihak yang menyatakan menyerah.

Takanakuy-Festival.jpg

Tujuan diadakannya festival ini, yakni untuk menyelesaikan permasalahan antar dua orang agar cepat terselesaikan. Kedua orang yang bertanding biasanya mempunyai dendam tersembunyi yang diluapkan melalui sebuah pertarungan.

Sebetulnya, tidak hanya di kota Cusco saja yang menyelenggarakan Festival Takanakuy, kota-kota seperti Santo Tomas dan Lique juga melangsungkan acara ini. Hanya saja kota Cusco lah yang paling terkenal.

Diselanggarakan setiap tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Hari Raya Natal, maka tak jarang pula ada turis-turis yang melihat acara ini. Biasanya, para turis menyebutnya dengan ‘Peru’s Christmas Fighting Festival’.

Festival-Peru-Takanakuy.jpg

Istimewanya, meski para pemain adu jotos pada akhir acara mereka akan berjabat tangan dan berpelukan. Permasalahan dendam pun juga dianggap selesai, meski banyak di antara mereka yang bonyok dan keluar darah banyak.

Baca Juga: Melihat Pasar Penjual Jodoh di Kota Stara Zagora, Bulgaria

Baca Juga: Sejarah Tradisi Lotus Feet, Simbol Kecantikan di Tiongkok

Baca Juga: 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Selama Ramadhan


Share To


inggil

inggil

June 5, 2020, 10 a.m.


tags : Wisata Tradisi Peru Festival Takanakuy Peru Kota Cusco Festival Peru Travel Takanakuy


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun