Gene-Deitch.jpg

Sutradara Animasi Ternama, Gene Deitch Tutup Usia

oleh: inggil Entertainment Wednesday, 22 April 2020 9:00 a.m.


Mancode - Kabar duka datang dari dunia animasi, salah satu tokoh legendaris, Gene Deitch telah meninggal dunia. Dilansir dari Movieweb¸ beliau wafat di usianya yang ke 95 tahun, di kediamannya di Praha, Ceko. Tidak ada kabar pasti mengenai penyebab dari meninggalnya Deitch.

Pria bernama lengkap Eugene Merril Deitch adalah seorang illustrator, animator, dan sutradara ternama asal Amerika Serikat. Dirinya merupakan sutradara dari animasi Tom and Jerry dan Popeye. Semasa hidupnya, Deitch telah menyabet sejumlah penghargaan bergengsi. Salah satunya Piala Oscar 1964 untuk kategori Film Animasi Pendek Terbaik yang berjudul ‘Munro’.

Bahkan, dirinya juga sudah dua kali dinominasikan di ajang Oscar untuk kategori serupa lewat filmnya Here's Nudnik dan How to Avoid Friendship. Pada 2004, ia menerima Winsor McCay Award untuk kontribusi besarnya di dunia animasi.

Gene Deitch lahir di Chicago pada 8 Agustus 1924 dan tumbuh besar di California. Selepas menyelesaikan studinya, ia pun melanjutkan bekerja untuk perusahaan penerbangan North American Aviation sebagai menggambar cetak biru desain pesawat. Bahkan, dirinya pun sempat menjalani profesi sebagai pilot namun harus berhenti akibat menderita pneumonia.

Gene-Deitch-Sutradara-Tom-and-Jerry.jpg

Dikarenakan karirnya di dunia penerbangan bisa dibilang sudah berakhir, Deitch tetap semangat dan memilih berprofesi di bidang lain. Hobinya yang menggambar sejak kecil pun ia tuangkan dalam kerjaannya. Pada 1950-1955, ia magang di United Productions of America. Selama lima tahun mendalami ilmunya di sana, karirnya sebagai animator pun semakin menanjak.

Hingga pada 1959, Deitch terbang ke Ceko untuk menyutradari film animasi berjudul ‘Munro’ yang juga membawanya menjuarai Piala Oscar 1964. Selepas itu, namanya di industri perfilman animasi pun mulai dikenal banyak orang.

Gene-Deitch-Meninggal.jpg

Pada 1960 sampai 1963, Gene Deitch berkolaborasi dengan Rembrandt Films untuk menyutradarai serial animasi Popeye. Selain itu, ia juga mencapai kesuksesan sebagai sutradara serial animasi Tom and Jerry dari tahun 1962 hingga 1963. Deadline mencatat bahwa pria ini menyutradarai 13 episode dari kartun Tom and Jerry dan sejumlah episode Popeye The Sailor.

Deitch lahir dan tumbuh di Chicago, Amerika Serikat. Pada 1959, ia berlibur ke Ceko dan tanpa disengaja bertemu istrinya, Zdenka. Sejak saat itu, ia tinggal dan membangun keluarga di Ceko hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca Juga: Musisi Tanah Air Berduka Atas Kepergian Glenn Fredly

Baca Juga: Duka Mendalam untuk Ashraf Sinclair

Baca Juga: Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia


Share To


inggil

inggil

April 22, 2020, 9 a.m.


tags : Piala Oscar Sutradara Animasi Sutradara Tom and Jerry Popeye Gene Deitch Meninggal Dunia Gene Deitch Animator


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional