Xiaomi Realme 10C.jpg

Survei Ramadan: Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Jadi Tren 2022

oleh: galih Technology Thursday, 28 April 2022 14:00 p.m.


Mancode – Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu masyarakat. Umumnya, di momen ini juga ditandai dengan meningkatnya belanja untuk berbagai kebutuhan. Salah satu perangkat yang paling diburu adalah smartphone.

Bagi sebagian orang, Ramadan menjadi saat yang tepat untuk mengganti atau upgrade smartphone. Hal tersebut tercermin dalam survei Ramadan 2022 yang dilakukan Xiaomi. Survei ini dilakukan pada 14-17 April 2022 kepada 543 responden dengan rentang usia 20-35 tahun.


Survei Ramadan.jpg

Upgrade Smartphone

Dari survei tersebut, sebanyak 43,1 persen responden memilih periode Ramadan untuk mengganti (upgrade) ke smartphone yang lebih baru. Ada beberapa alasan kenapa masyarakat memilih untuk upgrade smartphone, di mana 51.2 persen menyatakan smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbaharui, sementara 35.4 persen responden menyatakan ingin menikmati inovasi teknologi yang lebih baru.

Kenyataannya memang sangatlah penting sebuah smartphone harus memiliki fitur dan teknologi terkini agar mendukung aktivitas sehari-hari mulai dari komunikasi, menikmati konten, mengabadikan momen serta memiliki daya tahan lama.

Beberapa faktor penting yang harus dimiliki smartphone modern saat ini adalah prosesor yang mumpuni, kamera berkualitas, baterai besar, serta layar Super AMOLED untuk kenyamanan saat digunakan di luar ruangan.

Ditambah lagi dengan meningkatnya metode pembayaran cashless, salah satu fitur smartphone yang paling banyak dicari adalah NFC atau Near Field Communication, sehingga memungkinkan pengguna untuk bertukar file dengan cepat atau melakukan pembayaran secara cashless.

Abadikan Foto dengan Smartphone Baru saat Hari Raya

Seiring meningkatnya teknologi, smartphone model baru umumnya dilengkapi kamera dan teknologi AI yang lebih mumpuni. Dari hasil survei, 51,9 persen responden menginginkan untuk dapat mengabadikan foto bersama pada saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Hasil ini cukup dominan dibandingkan 13 persen responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11.9 persen responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan smartphone yang mampu menghasilkan kualitas foto yang baik di segala kondisi. Karena itulah smartphone wajib memiliki beberapa jenis kamera, seperti kamera utama, kamera ultra-wide, kamera makro maupun kamera selfie. Saat ini, kamera berukuran 108MP merupakan ukuran kamera smartphone terbesar dan paling dicari, karena kemampuannya untuk menghasilkan gambar dengan ketajaman paling baik.

Memaksimalkan THR untuk Dapatkan Produk Terbaru

Pada saat responden mendapatkan pertanyaan apa yang menjadi pertimbangan hingga akhirnya memutuskan membeli smartphone saat bulan Ramadan atau jelang Hari Raya Idul Fitri, 45.1 persen menjawab bahwa momen Ramadan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka, di samping itu 20,1 persen menyatakan bahwa momen Ramadan ini merupakan waktu yang terbaik karena mereka baru saja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Smartphone Di bawah Rp4 juta Paling Diburu

Dari sisi harga smartphone yang hendak dibeli pada saat lebaran, mayoritas responden, 74.9 persen memilih smartphone dengan rentang harga Rp2 juta sampai dengan Rp4 juta. Hal ini tidak mengherankan, mengingat segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat.

Sementara, soal faktor penting yang harus ada di dalam smartphone pilihan, 77.5 persen menginginkan smartphone compact yang memiliki desain menarik dan elegan, serta 48.4 persen menginginkan perangkat kamera yang mumpuni.

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga realme C35

Baca Juga: Huawei Luncurkan Dua Laptop Anyar, MateBook D14 dan MateBook D15




Share To


galih

galih

April 28, 2022, 2 p.m.


tags : Smartphone Technology Survei Ramadan Xiaomi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA