Mitsubishi Fuso.jpg

Strategi Mitsubishi Fuso Tingkatkan Pangsa Pasar di 2021

oleh: galih Life Style Tuesday, 30 March 2021 17:00 p.m.


Mancode - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menyakini bahwa permintaan pasar kendaraan niaga pada 2021 akan semakin membaik dibanding tahun lalu.

KTB memprediksi penjualan mobil komersial pada 2021 akan meningkat 30 persen atau setara dengan 64,900 unit. Dari prediksi tersebut, mereka menargetkan market share 48,1 persen dan penjualan unit Mitsubishi Fuso mencapai 31,220 unit.

Sebelumnya pada 2020, permintaan kendaraan niaga turun secara signifikan hingga 48,2 persen dengan total penjualan 49.921 unit. Ini merupakan kondisi pasar terendah selama satu dekade terakhir. Namun, di tengah kondisi tersebut, Mitsubishi Fuso tetap menunjukkan dominasinya dengan perolehan pangsa pasar 48,1 persen dan penjualan sebanyak 24.000 unit.


Naoya ‘Rocky’ Takai, Presiden Direktur KTB, mengatakan KTB akan tetap bersikap positif, fokus target pangsa pasar tinggi seperti di 2020. Untuk mencapai target, KTB akan menghadirkan serta memperkuat solusi digital melalui integrasi data dari berbagai sistem digital yang dimiliki seperti Runner Telematics, Dealer Management System (DMS) serta berbagai sumber lain terkait data informasi pelanggan.

“Kami ingin menjadi partner yang lebih dekat kepada pelanggan dan menyediakan layanan professional,” ujar Naoya dalam acara Virtual Media Gathering 2021, Selasa (30/3/2021).

Mitsubishi Fuso.jpg

Pada kesempatan tersebut, KTB menginformasikan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui penguatan sistem Runner Telematics terhadap regulasi Kemenhub PM 60/2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan.

“Sampai dengan saat ini, Mitsubishi Fuso masih menjadi satu-satunya brand kendaraan niaga yang sudah siap mendukung Kemenhub dalam mewujudkan manajemen lalu lintas yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan keamanan jalan melalui sistem Runner Telematics,” ujar Alexander Hilmi Perdana, S.Si.T., M.Si., Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan, Kemenhub.

Pada pelaksanaan teknisnya, parameter sistem GPS diatur dalam regulasi KP 2081/AJ801/DRJD/2019 Tentang Petunjuk Teknis Alat Pemantau Pergerakan Kendaraan Secara Elektronik Pada Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

Parameter yang harus dimiliki di antaranya, pengawasan kendaraan secara realtime, monitor kecepatan dan lokasi kendaraan pada peta, info lokasi keberangkatan dan kedatangan kendaraan, info rute, titik angkut atau titik kirim, pembatasan wilayah secara digital.

Kemudian, lama waktu berkendara, jarak berkendara, durasi berhenti, durasi mengemudi, lama waktu mesin beroperasi, peringatan pelanggaran batas kecepatan, manajemen aset, dokumen kendaraan, manajemen pengemudi, histori rute yang dilalui, info volume BBM dalam tangki, info durasi kendaraan dalam keadaan diam. Semua fungsi tersebut tersedia dalam sistem Runner Telematics yang dapat diakses oleh sistem Kemenhub.

KTB juga menyosialisasikan teknologi common-rail kepada pelanggan, untuk memastikan FUSO siap menghadapi Euro4. Fighter, produk MDT dari Mitsubishi Fuso, yang sudah dilengkapi dengan mesin common-rail, menerima banyak feedback positif dari pelanggan. Common-rail merupakan prasyarat implementasi Euro4, dengan konsumsi bahan bakar efisien dan dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi sehingga lebih aman.

Sejak diperkenalkan di 2019, penetrasi Fighter telah mencakup hampir seluruh wilayah operasional di Indonesia. Area penetrasi tertinggi adalah Sumatera, diikuti Kalimantan, dan kemudian menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa transisi, KTB akan mempersiapkan infratruktur yang dibutuhkan terutama pada kesiapan operasional dealer sehingga ketika Euro4 diimplementasikan, KTB siap memberikan dukungan penuh kepada pelanggannya.

Baca Juga: Mengulik Spesifikasi dan Teknologi Wuling Almaz RS

Baca Juga: GCC Pasarkan Mobil Listrik Tesla Model 3 Facelift di Indonesia

Baca Juga: Sukses Digelar, IMX Virtual Stage Bali Sedot Ribuan Penonton




Share To


galih

galih

March 30, 2021, 5 p.m.


tags : Mitsubishi Fuso Mobil Komersial Penjualan Mobil Komersial 2021 Target Penjualan Mitsubishi Fuso Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 15 September 2021 14:00 p.m.

Xiaomi Smart Glasses Lebih Baik dari Google Glass?

Entertainment 3 September 2021 9:00 a.m.

40 Tahun Berpisah, ABBA Reuni dalam Album "Voyage”

Entertainment 2 September 2021 8:00 a.m.

Misi Terakhir Daniel Craig dalam “No Time To Die”