Templet_Mancode_ (3).jpg

Statistik Pendapatan TikTok 2020

oleh: fachrul Technology Wednesday, 4 November 2020 17:00 p.m.


Mancode - TikTok (yang dikenal sebagai Douyin di pasar dalam negeri) diluncurkan di Cina pada September 2016. TikTok diluncurkan secara global sebagai TikTok pada tahun berikutnya. Aplikasi TikTok memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15 detik, yang dilacak oleh klip musik. Kedengarannya cukup sederhana, tetapi ini adalah konsep yang sangat populer. Tergantung pada siapa kamu bertanya, aplikasi tersebut adalah aplikasi non-game paling banyak kedua atau keempat yang diunduh di dunia pada tahun 2019 (hanya di belakang berbagai entitas Facebook dalam kedua kasus tersebut).

Perusahaan induk TikTok / Douyin, ByteDance, juga memiliki platform agregasi berita bertenaga Artificial Intelligence (AI) Cina yang sangat populer, Toutiao, yang dibuat oleh CEO Zhang Yiming pada usia 29 tahun di tahun 2012. Khususnya, dia tidak didukung oleh Alibaba atau Tencent. TikTok telah berhasil di mana yang terakhir gagal dengan WeChat (walaupun sukses di luar Cina).

Ini adalah kemenangan strategis. Pada November 2017, ByteDance mengakuisisi aplikasi saingan yang populer (juga berbasis di Cina), Musical.ly dengan nilai $ 1 miliar yang dilaporkan. TikTok digabungkan dengan Musical.ly pada Agustus 2018, dengan akun pengguna aplikasi dimigrasi ke akun TikTok mereka. Ini dilihat sebagai cara bagi aplikasi China untuk memasuki pasar AS dengan Musical.ly sudah memiliki cukup banyak audiens di Amerika.


Pengguna TikTok / Douyin (dan sebelumnya Musical.ly) menggunakan aplikasi ini sebagian besar untuk membuat, berbagi, dan melihat konten berdasarkan sinkronisasi bibir, menari, sandiwara komedi, dan aktivitas fisik lainnya. Jelas, ini adalah sesuatu yang menarik bagi kaum muda (dan beberapa yang lebih tua) di seluruh dunia, dengan popularitas aplikasi bola salju selama 2018 dan 2019. Meskipun baru dirilis pada tahun 2016, TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh sejak tahun 2010-an.

Pada tahun 2020, TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling disukai di dunia (setidaknya untuk mereka yang berusia di bawah usia tertentu), kesuksesannya didukung oleh beberapa AI paling canggih di dunia.

Meskipun demikian, TikTok muncul bukannya tanpa kontroversi. Pada tahun 2019, TikTok sempat dilarang di India karena "masalah moralitas", dengan konten pornografi dan perilaku predator yang menjadi perhatian. TikTok telah dituduh tidak secara memadai melindungi data pengguna muda. TikTok dilarang lagi pada Juni 2020 bersamaan dengan serentetan aplikasi berbasis Cina lainnya karena ketegangan antara Cina dan India tengah meningkat.

TikTok juga sedang diselidiki di AS atas masalah keamanan nasional. ByteDance telah merilis laporan transparansi untuk menangani tuduhan ini, dan telah pindah ke ringfence TikTok dari sisa operasinya. Ini tidak menghentikan Presiden Trump untuk mengeluarkan perintah eksekutif pada Agustus 2020 terhadap perusahaan mana pun yang berbisnis dengan TikTok.

Meskipun demikian, pada awal tahun 2020, TikTok sepertinya adalah aplikasi yang harus dikalahkan. Gulir terus untuk membaca koleksi statistik TikTok kami dari seluruh web.

tiktok-penetration-global.png

Statistik Utama TikTok

- Pengguna aktif bulanan TikTok diperkirakan mencapai 800 juta

- TikTok diunduh 738 juta kali pada 2019

- Total TikTok mengunduh lebih dari 1,5 miliar menjadikannya aplikasi ketujuh yang paling banyak diunduh pada tahun 2010-an

- Diperkirakan 57% basis pengguna TikTok / Douyin berbasis di Cina

- Pasar teratas India untuk unduhan TikTok pada tahun 2019 (jika kami mengecualikan unduhan Android China), dengan 323 juta

- 46 juta unduhan TikTok AS pada tahun 2019

- ByteDance mengontrol 23% pasar aplikasi digital Cina

- ByteDance menjadi startup swasta paling bernilai di dunia, dengan valuasi $ 78 miliar setelah putaran investasi $ 3 miliar yang dipimpin SoftBank

- TikTok tersedia di lebih dari 150 pasar di seluruh dunia, dalam 39 bahasa. Statistik resmi terbaru yang tersedia menunjukkan bahwa ada 500 juta pengguna TikTok di seluruh dunia (pengguna aktif bulanan).

- Pengguna India menghabiskan 38 menit setiap hari menggunakan TikTok

- Tingkat retensi satu minggu TikTok berada di 26%

- Studi Indeks Web Global 2018 akhir menemukan 55% pengguna TikTok mengunggah video pada bulan lalu, dibandingkan dengan 68% yang telah menontonnya

- Pendapatan TikTok 2019 mencapai $ 176,9 juta (tidak termasuk pendapatan Cina non-iOS)

Angka 500 juta, namun tanggal kembali ke pengumuman resmi pada Juli 2018. ByteDance belum merilis apa pun yang lebih baru. Kita dapat berasumsi bahwa mengingat popularitasnya yang besar, angkanya lebih tinggi. Pada September 2019, TikTok VP Blake Chandlee menyarankan bahwa meskipun tidak sampai 1 miliar (itu pun juga tidak sampai setengahnya).

Hootsuite dan We Are Social telah menetapkan angka 800 juta. Ini akan menjadikan TikTok sebagai aplikasi sosial yang paling banyak digunakan keenam di dunia. Hanya berbagai properti Facebook, YouTube, dan WeChat yang berada di urutan terdepan. Terutama setelah TikTok mengungguli QQ dan QZone Tencent.

Baca Juga: Tiktok Sumbang Rp164 Miliar untuk WHO

Baca Juga: Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!

Baca Juga: TikTok Terancam Dicekal Amerika Gara-gara Tuduhan Spionase




Share To


fachrul

fachrul

Nov. 4, 2020, 5 p.m.


tags : TikTok ByteDance Douyin Tencent


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE