Startup Insurtech Qoala Fokus Menyediakan Asuransi Individual.jpg

Startup Insurtech Qoala Fokus Menyediakan Asuransi Individual

oleh: rachli Technology Sunday, 18 December 2022 21:00 p.m.


Mancode - Sebagai startup insurtech, Qoala fokus menjadi perusahaan yang customer-centric, dengan menyediakan beragam jenis produk asuransi yang diperlukan masyarakat dan sesuai dengan gaya hidup. Hal ini diwujudkan melalui kerja sama dengan mitra asuransi dan mitra korporat.

Tidak sebatas asuransi kesehatan dan jiwa, Qoala juga menyediakan asuransi lain, seperti asuransi gadget, travelling, properti, kendaraan bermotor, dan lainnya. Keberagaman jenis produk asuransi yang berfokus kepada kebutuhan individu ini yang menjadi selling point Qoala.

Deputy CEO dan Co-founder Qoala, Tommy Martin melalui keterangan resmi yang diterima belum lama ini mengatakan. Qoala sejauh ini berhasil menjadi perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara dalam hal penjualan asuransi ritel atau individual.


“Sesuai prinsip Qoala, tujuan kami hadir di Indonesia dan Asia Tenggara adalah untuk meningkatkan adopsi asuransi. Jadi, memang fokusnya harus lebih bisa ke ritel,” ujar Tommy.

Ada sejumlah tantangan yang dihadapi industri asusransi di Indonesia, antaranya cakupan pasar terbatas, ketersediaan jenis produk asuransi yang sesuai dengan masyarakat, dan proses penerbitas polis hingga klaim yang sangat manual dan memakan waktu.

Oleh sebab itu, Qoala hadir untuk menjadi solusi dari tantangan tersebut dengan berupaya menciptakan teknologi yang memudahkan akses asuransi dengan proses klaim berbasis digital dan machine learning. Teknologi ini membantu asuransi dapat diakses secara mudah bagi semua masyarakat.

Di sisi lain, Qoala menyadari bahwa pemahaman masyarakat terhadap pentingnya memiliki asuransi adalah salah satu tantangan utama. Oleh karena itu dibutuhkan introductory product (produk perkenalan) yang terjangkau, mudah dipahami dan digunakan.

Qoala menjawab permasalahan ini dengan mengembangkan dan menawarkan berbagai jenis produk asuransi yang lebih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti traveling, gadget, personal accident hingga investment, agar asuransi dapat menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Tommy menambahkan, melalui penawaran produk-produk ini ketika masyarakat sudah teredukasi dan paham pentingnya asuransi, suatu hari mereka akan memilih produk-produk asuransi ini kembali dan mulai mencari produk asuransi lain yang lebih memberikan proteksi bagi diri mereka.

“Hal tersebut juga alasan kenapa kami fokus di produk-produk yang tradisional ini karena memberikan perlindungan yang lebih komprehensif kepada masyarakat,” ujarnya.

Usaha tersebut tentunya dijalankan dengan kolaborasi bersama digital startup di berbagai bidang yang sesuai seperti di platform e-commerce, traveling hingga investasi. Melalui kolaborasi ini secara tidak langsung masyarakat akan mulai merasakan manfaat dari asuransi.

Ke depannya, masyarakat akan mulai membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mendapatkan proteksi dan perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan serta perlindungan dari segala risiko finansial.

Qoala Plus, unit bisnis utama berbasis digital

Qoala memiliki Qoala Plus sebagai salah satu unit bisnis utama yang berbasis digital dengan bantuan tenaga pemasar atau yang disebut Mitra Qoala Plus. Teknologi Qoala Plus bertujuan untuk membantu para mitra mendistribusikan produk asuransi, menerima komisi secara instan, dan meningkatkan pemasaran asuransi meliputi pengelolaan polis dan penanganan klaim.

Qoala Plus juga bertugas membantu tenaga pemasar menjual berbagai jenis produk asuransi dari partner terpercaya serta mendukung pemasar menjadi wirausahawan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan lewat beragam pelatihan.

Saat ini Qoala Plus telah memiliki lebih dari 50 ribu tenaga pemasar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan siap membantu kebutuhan asuransi masyarakat Indonesia.

Terkait klaim, kecanggihan teknologi yang dikembangkan Qoala memungkinkan seluruh proses mulai dari pengajuan hingga klaim menjadi lebih mudah dan ringkas. Proses ini dapat dibantu oleh konsultan asuransi Qoala serta tenaga pemasar Qoala Plus.

Pelanggan juga memiliki kesempatan berkonsultasi terlebih dahulu untuk memilih asuransi yang sesuai. Ini menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih membeli asuransi lewat Qoala. Qoala terus berinovasi untuk selalu bisa menjadi akses asuransi digital bagi masyarakat Indonesia dan sebagai solusi dari tantangan mereka dalam memiliki asuransi.

Baca Juga: Insurtech Qoala Masuk The Insurtech 100 2022

Baca Juga: Startup Insurtech Qoala Plus Beri Alasan Asuransi Wajib Dimiliki

Baca Juga: Startup Insurtech Qoala Beri Donasi Operasi Sumbing Bibir




Share To


rachli

rachli

Dec. 18, 2022, 9 p.m.


tags : Startup Insurtech Qoala Asuransi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 14 January 2023 22:00 p.m.

Hyundai Kembali Hadirkan Stargazer di Semarang

Life Style 2 January 2023 9:00 a.m.

3 Tips Menjaga Tabungan di Masa Pandemi

Entertainment 30 December 2022 23:00 p.m.

Synchronize Festival Kembali Hadir di 2023, Catat Tanggalnya!