Spotify All Ears Podcast Summit 2022 Industri Podcast Indonesia Tumbuh 5 Kali Lipat.jpg

Spotify All Ears Podcast Summit 2022: Industri Podcast Indonesia Tumbuh 5 Kali Lipat

oleh: rachli Entertainment Monday, 21 November 2022 22:00 p.m.


Mancode - Spotify, untuk pertama kalinya menggelar Konferensi Podcast. Dihadiri ribuan peserta termasuk kreator lokal dan penggiat industri, konferensi ini membahas bagaimana hubungan antara masyarakat Indonesia dengan podcast berubah, serta bagaimana Spotify melopori pertumbuhan podcast di Indonesia.

Spotify mengungkapkan bahwa fitur Video Podcast sudah tersedia. Di awal tahun, Spotify meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas catalog konten dalam platform dan kini, kreator podcast dapat memanfaatkan fitur itu melalui Anchor, platform podcasting milik Spotify.

“Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia. Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific.


Acara yang berlangsung di The Kasablanka Main Hall pada 16 November 2022 lalu, peserta disuguhi berbagai keynotes, panels, dan workshops yang inspiratif dan diisi berbagai pembicara terbaik di industri. Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, dan masih banyak lagi.

Dalam konferensi itu, mulai dari kreator yang membagikan perjalanan podcast mereka, sampai para pakar yang membagikan data dan tren di Indonesia, semua sesi dikemas secara padat dan menyenangkan sepanjang hari.

Peserta tidak hanya saling berinteraksi dan menikmati berbagai topik menarik, namun juga dapat melihat pengalaman “Merinding di Spotify” hingga menyaksikan Podkesmas tampil secara langsung di atas panggung di depan ribuan penonton.

Mereka juga dapat mendengarkan semua Podcast Original dan Exclusive di Spotify melalui listening pods yang disediakan bagi seluruh peserta konferensi.

Gautam menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global. Semua pencapaian ini diperoleh berkat upaya Spotify yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri ini.

Beberapa inisiatif tersebut mencakup kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang kini tersedia melalui Anchor, gratis bagi semua lapisan masyarakat.

Saat ini 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast.

Dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia. Dari horor sampai percakapan intim dan pengembangan karakter, kreator Indonesia terus menghadirkan ragam konten kreatif mereka.

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengarnya, Spotify menyediakan fitur terbaru, seperti Q&A dan Polls dan juga membawa pengalaman baru bagi para pendengarnya dalam menemukan konten di dalam platform melalui fitur Music + Talk.

Pendengar bisa menjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist.

Baca Juga: Hindia dengan Evaluasi Puncaki Lagu Terpopuler Spotify

Baca Juga: Rasakan Pengalaman Horor di #MerindingdiSpotify

Baca Juga: Rayakan Keberagaman Budaya dan Musik, Spotify Luncurkan Kampanye "IDentitasku"




Share To


rachli

rachli

Nov. 21, 2022, 10 p.m.


tags : Spotify Podcast Industri Podcast Spotify All Ears Podcast Summit 2022


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE