Spacebar.jpg

Spacebar, Skuter Listrik Mungil Tapi ‘Menggigit’

oleh: galih Life Style Friday, 8 January 2021 8:00 a.m.


Mancode – Mengawali 2021, dua brand Indonesia, yakni studio desain Katalis Co dan brand fashion Kamengski berkolaborasi merilis skuter listrik yang bisa dilipat bernama Spacebar. Skuter listrik ini bentuknya mungil dibalut dengan desain futuristik yang unik.

Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga menjelaskan ada alasan kenapa memilih nama Spacebar pada skutik listrik ini. Dengan nama tersebut, dia berharap skuter listrik ini dapat membuka ruang-ruang yang sebelumnya belum bisa dijangkau orang yang mengendarainya.

“Ibaratnya mengetik menggunakan komputer atau laptop, cara untuk membuka ruang antar teks kan tentunya dengan menekan spacebar atau tombol spasi. Nah, kami terinspirasi dari hal tersebut. Itu juga menjelaskan mengapa skuter ini berbentuk persegi panjang,” jelas Joseph.


Spacebar.jpg

Sementara, Principal Designer dari Katalis, Julian Palapa menambahkan bahwa walau dari segi dimensi terbilang mungil, Spacebar dibekali dengan daya sebesar 1.200w.

“Jadi, Spacebar dirasa mampu menerabas padatnya lalu lintas ibukota, terlebih untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ya, kecil tapi menggigit, ibaratnya cabe rawit lah,” ucap pria yang juga berprofesi sebagai arsitek ini.

Dilihat dari segi desain, inspirasi dari tombol spasi tersebut lalu dituangkan Julian dalam Detailed Engineering Design (DED), yang akhirnya kembali didiskusikan dengan desainer multidisiplin kenamaan asal Jakarta, Kamengski, dalam membuat konsep visual yang menarik.

“Spacebar kami desain khusus untuk anak muda yang menginginkan kelincahan dalam beraktivitas. Lalu melalui brainstorming dengan Said (red: nama asli Kamengski), kami bersama membuat konsep visual yang sesuai dengan selera Generasi-Z,” jelas Julian.

Spacebar.jpg

Berbekal body yang sepenuhnya terbuat dari bahan aluminium, berbagai aksen visual, decal dan warna body, hingga bahan dan warna jok dipilih secara cermat oleh Katalis dan Kamengski. Sedangkan untuk proses pembuatannya juga cukup unik, dikerjakan dari dua kota sekaligus.

“Saya, Joseph dan seorang desainer kami, Kemal kerjakan ketika sedang menuntaskan proyek konstruksi di sebuah situs pertambangan di Sumbawa Barat. Lalu secara simultan, skuter ini dibangun Fathur, engineer kami dari workshop Jakarta, dan dimonitor terus oleh Said yang juga berada di Jakarta,” ucap Julian.

Spacebar.jpg

Joseph menjelaskan bahwa rilisan dengan Kamengski merupakan kolaborasi pertama yang diusung untuk Spacebar. “Ke depannya juga ada yang tertarik untuk membuat konsep visual Spacebar. Namun, saat ini fokus dengan kolaborasi berharga bersama Kamengski. Pasti ada ide-ide baru dari Said yang dapat kami olah bersama,” ucap Joseph.

Hadirnya Spacebar, diharapkan semakin banyak anak muda Indonesia yang mengembangkan solusi mobilitas masa depan. “Spacebar is our way of making way,” harap Joseph.

Sayangnya, saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut soal apakah skuter listrik tersebut bakal dipasarkan atau tidak. Harga jualnya juga belum diumumkan oleh Katalis Co.

Baca Juga: Tiga Motor Bergaya Klasik yang Jadi Primadona, Pilih Mana?

Baca Juga: Vespa 946 Christian Dior, Skuter Ikonik Bergaya Elegan nan Mewah

Baca Juga: Awal 2021, Piaggio Indonesia Langsung Tebar Promo Penjualan




Share To


galih

galih

Jan. 8, 2021, 8 a.m.


tags : Skuter Spacebar Skuter Katalis Co Life Style Skuter Listrik


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE