Batik-Sovlo.jpg

SOVLO Brand Lokal Baru Gaya Cakep!

oleh: inggil Fashion Style Monday, 25 October 2021 14:00 p.m.


Mancode - Situasi pandemi CO VID-19, memang menghadirkan tantangan yang tidak mudah bagi pelaku industri UMKM di Indonesia. Namun, semangat untuk bertahan, kejelian memanfaatkan peluang bisnis dan kreativitas bisa mengubah tantangan ini menjadi peluang.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh SOVLO, brand baru yang dilahirkan oleh Lotus Group, perusahaan UKM di bidang fesyen dengan spesialisasi custom stitching and souvenirs. Brand SOVLO lahir, untuk memenuhi kebutuhan manajemen Lotus Group melindungi 40 penjahitnya dan 30 staf.

Produk SOVLO antara lain adalah tas (sling bag, tote bag, waist bag, laptop sleeve), pouch, masker wajah, card case, dan baru-baru ini mulai juga memperkenalkan lini pakaian.


Lidya Valensia, CEO dan Founder SOVLO mengakui awal kelahiran SOVLO di tengah situasi pandemi sebenarnya langkah survival perusahaan induknya, Lotus Group, a specialist in custom & stitching souvenirs yang biasa menangani kebutuhan stylish souvenirs, umumnya untuk kebutuhan acara pernikahan, maupun corporate branding.

“Awalnya kami memang membutuhkan solusi ketika di awal pandemi LOTUS GROUP mengalami penurunan omset cukup drastis, sementara di tengah krisis ini kami pikir justru kami sangat perlu tetap melindungi sekitar 40 orang penjahit dan 30 orang staf kantor yang bekerja buat kami. Ketika itulah, muncul ide melahirkan brand baru berupa produk fesyen siap beli untuk masyarakat umum, sekaligus memanfaatkan platform e-commerce yang tengah menjamur di tengah pandemi,” tutur Lidya dari press rilis yang diterima Mancode.

Sovlo-Batik.jpg

Nama SOVLO sendiri diangkat dari akronim SOUVENIR LOKAL, yang merupakan inti dari usaha fesyen yang sejak awal digarap Lotus Group. Pilihan bergerak di platform e-commerce merupakan langkah bijak yang dilakukan founders SOVLO untuk menyelamatkan seluruh tim kerjanya.

Hasilnya ternyata cukup menggembirakan, kombinasi kualitas produk, kemampuan membaca tren pasar, bisnis dan strategi kolaborasi perlahan-lahan menjadikan SOVLO menjadi salah satu brand fesyen yang mencuri perhatian di 2020 - 2021 ini.

SOVLO sendiri mulai mencuri perhatian konsumen ketika meluncurkan tema ilustrasi Strong Woman yang ternyata sangat disukai konsumen karena relevan dengan kondisi pandemi yang saat itu sedang parah-parahnya.

Setelah mulai mengecap sukses di platform e-commerce ini, SOVLO mulai melihat perlunya pengembangan ilustrasi yang tidak mungkin dilakukan hanya secara internal, karena pasti akan menghadapi keterbatasan ide. Inilah awalnya muncul ide berkolaborasi dengan ilustrator lokal yang diumumkan terbuka.

SOVLO muncul dengan membawa konsep berbeda dan rasa kepedulian terhadap para pekerja industri kreatif. Sejauh ini, SOVLO telah bekerja sama dengan 15 ilustrator dan kini tengah bersiap menjalin kolaborasi dengan lebih banyak ilustrator lewat kampanye SIARAN PERS #BanggaIlustratorLokal yang segera digelar.

Sovlo-Batik-Lokal.jpg

Diharapkan melalui kampanya ini, SOVLO bisa berkolaborasi dengan tak kurang dari 400 orang illustrator. Kolaborasi dengan ilustrator ini menerapkan sistem bagi hasil. Dengan sistem ini, keuntungan yang diraih ilustrator sebanding dengan penjualan hasil karya mereka. Artinya, setiap pembelian produk oleh pelanggan, secara langsung membantu ilustrator tersebut.

Sejauh ini, dalam 15 bulan, telah lebih dari 50.000 items produk SOVLO telah dibeli masyarakat. Kini, memasuki masa adaptasi kenormalan baru (AKB), SOVLO mulai membuka toko fisiknya di Pos Bloc Jakarta sejak September lalu.

Baca Juga: Brand Topi Pria untuk Fashion yang Sophisticated

Baca Juga: Paduan Fashion dan Colonel Sanders dalam Koleksi KFC

Baca Juga: Brodo Rilis Sneakers Khusus Gamers




Share To


inggil

inggil

Oct. 25, 2021, 2 p.m.


tags : Brand Lokal Brand Lokal Sovlo SOVLO #BanggaIlustratorLokal Fashion Lotus Group SOVLO UMKM


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 27 November 2021 9:00 a.m.

TokoNFT Bukan Sekadar Marketplace NFT Biasa

Entertainment 23 November 2021 11:00 a.m.

Debut REWIND di Single ‘Sampai Kapan Ku Sendiri’