Youtuber-Kocak-Pak-Ndul.jpg

Sosok Pak Ndul, Youtuber Kocak Asal Madiun

oleh: inggil History Tuesday, 8 October 2019 13:00 p.m.


Ahmad Sukoco atau lebih dikenal Pak Ndul ialah seorang petani asal Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Jawa Timur. Awalnya, Pak Ndul ingin mendapat penghasilan lebih sembari memberi edukasi serta hiburan kepada khalayak luas. Hingga terciptalah ide untuk membuat akun Youtube miliknya.

Saat pertama kali membuat akun Youtube, Pak Ndul beserta timnya sempat mengalami jatuh bangun. Bahkan, ia sempat gonta-ganti akun untuk menemukan konten yang tepat agar mendapat viewer yang banyak. Ketidaktahuan terhadap Youtube dan kurangnya ide yang disukai para penonton, menjadi alasan mengapa akun Youtube milik Pak Ndul masih sepi waktu itu.

Tidak ingin menyerah, Pak Ndul lantas mempelajari cara kerja Youtube. Dari algoritma serta konten yang tepat agar dilihat banyak orang. Semua itu ia pelajari secara otodidak dan menonton tutorial tips dan trik menjadi Youtuber di Youtube.

Baca Juga: Akhirnya Youtuber PewDiePie Resmi Menikah!

“Saya menghabiskan waktu hingga ratusan jam untuk belajar apa itu Youtube, bagaimana cara kerjanya. Biasanya pada malam hari saya habiskan waktu untuk mencari-cari dan melihat tutorial dan referensi di Youtube,” ujar Pak Ndul dilansir Detik.

“Awalnya saya bersama tim yang namanya Wagu (Waton Guyon) itu berjumlah enam orang. Empat orang menjadi talent, semnetara saya dan adik saya berada di belakang kamera,” lanjut Pak Ndul.

Pak-Ndul-Youtuber.jpg

Namun, saat proses pembuatan video pertama yang dibuat Pak Ndul beserta timnya bisa dibilang gagal. Mengusung konsep komedi, bahasa yang digunakan kala itu masih bahasa Jawa, yang ditafsir Pak Ndul itu adalah salah satu kelemahan karena kurang diterima oleh semua orang.

Lanjutnya, pria 45 tahun ini memutar otak kembali, mencari-cari ide konten yang tepat untuk semua orang. Hingga yang saat itu menggunakan bahasa Jawa kemudian diganti menjadi bahasa Indonesia agar semua orang paham apa yang diucapkan. Namun, karena medoknya suara talent membuat video menjadi kaku, dan esensi komedinya kurang.

Seiring berjalannya waktu Pak Ndul pun mencoba untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris namun dengan cara yang apa adanya. Ia mengaku tak mahir berbahasa Inggris, tapi ia bisa mengartikan tiap-tiap kata. Keterampilan itu Pak Ndul dapatkan secara otodidak dan pengalaman menuntut ilmu yang katanya ia peroleh di luar negeri.

Baca Juga: Dwayne Johnson, Sang Pegulat dan Artis Hollywood

Kemahirannya dalam menerjamahkan tiap kata ke bahasa Inggris itulah yang membuat Pak Ndul berceloteh dan menjawab pertanyaan secara spontan. Pencampuran antara bahasa Jawa, Indonesia, dan Inggris yang kocak membuat video Pak Ndul perlahan diterima oleh masyarakat.

Hingga tulisan ini dibuat, Pak Ndul telah memiliki 916 ribu subscriber dan telah menghasilkan 43 konten video. Salah satu video yang terkenal dari Pak Ndul sendiri bertajuk “DATABASE GOOGLE” yang telah dilihat sebanyak 12 juta kali!

Pak-Ndul-Bersama-Deddy-Corbuzier.jpg

Sontak viralnya video tersebut juga membuat Pak Ndul diundang di acara Hitam Putih yang dipandu Deddy Corbuzier. Tanpa gugup Pak Ndul pun malah mengajari Om Deddy bagaimana berbahasa Inggris yang baik. Ia pun juga secara gamblang mampu menjawab semua pertanyaan Om Deddy walaupun kocak tapi masih masuk akal.

Baca Juga: Sosok Wika Salim Pendamping Baru Tukul di Ini Baru Empat Mata


Share To


inggil

inggil

Oct. 8, 2019, 1 p.m.


tags : Youtuber Pak Ndul Waton Guyon Madiun


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 9 December 2019 13:00 p.m.

5 Petinggi Teknologi Ini Batasi Gadget pada Anak

Entertainment 9 December 2019 11:00 a.m.

Frederika Alexis Cull Finalis Miss Universe 2019

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019